KTM 1190 Adventure 2013, Pacuan Penjelajah Penuh Teknologi

Motorplus - Minggu, 15 September 2013 | 14:54 WIB

Buat bikers penjelajah, KTM 1190 Adventure terasa menggiurkan. Didatangkan langsung PT KTM Moto Indonesia, selaku Agen Pemegang Merek (APM) dari Austria. MOTOR Plus, pun menjajalnya buat sobat.

Pacuan dual purpose ini dipersen-jatai engine KTM 1190 RC8 Superbikes 75 derajat V-Twin 2 silinder. Diisi 2 busi tiap silindernya, buat gebuk rasio kompresi mesin 12,5:1. Bore, diisi piston forged diameter 105 mm dan stroke 69 mm. So, total isi silinder jadi 1.195 cc.


Dalam data, power yang disemburkan bisa sentuh angka 148 hp/9.500 rpm dan torsi 125 Nm/7.500 rpm. Saat electric starter ditekan, suara karakter tunggangan superbike yang galak tak terdengar. Tetapi, tergantikan alunan merdu motor dual purpose yang kental. Seiring power yang keluar smooth.

Berat bobot total moge adventure ini hanya 212 kg. Terbilang ringan kala dibandingkan pesaingnya Ducati Multistrada, Triumph Tiger Explorer, BMWGS1200R. Makanya handling terasa enteng, berbanding terbalik dengan tampilannya yang gambot.

1190 ini, dibekali teknologi terbaru empat pilihan mode riding yang diberi nama Ride By Wire. Empat mode ini ada Sport, Street, Off-road dan Rain. Pilihan Ride By Wire ini, bisa dipilih lewat tombol sebelah kiri yang nantinya akan tampil di panel odometer digital.


Kala riding, rider juga bisa dijaga lewat fitur Motorcycle Traction Control (MTC). TC ini menjaga kedua ban untuk tetap menggigit ke aspal sesuai perlakuan berkendara dan lintasan.

Masih banyak teknologi yang diusung pacuan berbanderol Rp 450 juta ini. “Cocok buat sobat yang punya jiwa petualang dan butuh kenyamanan extra di atas motor,” bilang Ricky Manopo, selaku Event Community and Building Manager. (www.motorplus-online.com)
 

Penulis : Panji

Foto : Boyo

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular