Motor 4-Tak Pakai Kampas Kopling 2-tak

Motorplus - Senin, 23 September 2013 | 20:12 WIB

Kopling motor 2-tak bikin mesin 4-tak lebih yahud..!!

Buat sobat yang ingin memaksimalkan kinerja tunggangan tanpa harus melakukan banyak perubahan, bisa coba trik yang satu ini. Roy Anugrah yang mekanik Wah’ny BR Speed Motor Service punya tips untuk memaksimalkan kinerja kopling.

Pria yang akrab disapa Roy ini, bilang kalau ada salah satu kelebihan yang diusung kampas kopling buat engine 2-tak jika digunakan untuk mesin 4-tak.

“Siklus kerja mesin 2-tak lebih cepat dari mesin 4-tak. Otomatis setiap part dibuat agar lebih tahan terhadap gesekan. Efeknya, usia kampas kopling lebih panjang, entakan awal juga lebih terasa,” kata Roy yang bengkelnya di Jl. Raya Parung Serab No. 3C, KSU, Depok, Jawa Barat.

Secara kasat mata, kampas kopling sepeda motor bermesin 2 langkah tampak memiliki keunggulan jika dibandingkan milik mesin 4 langkah. Jarak shoe lebih rapat, ini yang membuatnya lebih menggigit dan lebih tahan terhadap gesekan.

Bagi yang ingin mengadopsi kampas kopling sepeda motor 2-tak, beberapa merek dan tipe bisa langsung diadopsi tanpa harus mengubah bagian lainnya. Namun ada juga yang mengharuskan diubah karena ukurannya yang berbeda. Roy sedikit menjabarkan beberapa tipe dan merk yang bisa langsung tukar alias substitusi antar motor.

Perhatikan dan catat part number untuk memudahkan


Mulai dari Yamaha. Bagi pengguna Yamaha Vega series, Yamaha Crypton, Yamaha Jupiter dan Jupiter Z versi awal, bisa mengadopsi kampas kopling milik Yamaha F1Z-R. Bisa juga pakai milik Suzuki FR80. Diameter dan tebal kampas sama persis. Jadi, tidak perlu melakukan perubahan di rumah kopling.

Untuk motor batangan keluaran Yamaha. Seperti Yamaha Scorpio dan Yamaha Byson, bisa mengandalkan kampas kopling milik Kawasaki Ninja 150 series. Diamater dan tebal kampas kopling keduanya juga sama. Tidak perlu ada bagian yang diubah.

Dari merek Suzuki, penggunaan kampas kopling motor bermesin 2-tak marak diadopsi oleh Suzuki Satria F-150. Para pengguna F-150, banyak yang memanfaatkan kampas kopling milik Suzuki RGR 150 yang bermesin 2-tak. “Banyak yang sudah membuktikan, kopling jadi tidak mudah slip, dan tenaga mesin juga lebih responsif,” bilang Roy.

Nah, untuk sepeda motor keluaran Kawasaki dan Honda, Roy mengatakan tidak ada kampas kopling sepeda motor 2-tak yang bisa langsung pakai. Kawasaki, hingga saat ini belum ada yang sama. Karena hampir setiap model yang dikeluarkan memiliki bentuk kampas kopling yang berbeda.

“Kalau motor Honda, solusinya bisa adopsi kampas kopling motor yang memiliki kapasitas silinder lebih besar. Seperti Honda Revo, Supra X, Supra X125, Karisma, dan Grand bisa mengadopsi kampas kopling milik Honda Tiger. Memang sih, sama-sama 4-tak. Tapi, tetap bisa berikan performa lebih kok,” ucap Roy.

Supaya tidak bingung dan tidak salah saat membeli kampas kopling 2-tak yang ingin sobat adopsi, bisa dicatat part numbernya. Hal ini juga memudahkan petugas dealer atau toko dalam mencari part yang sobat inginkan.

Kampas kopling Suzuki RGR yang banyak diaplikasi Satria F-150 memiliki part number 21441-13A01-000.  Sedangkan untuk kampas kopling Yamaha F1ZR, punya part number 4WH-WE63A-00. Dan kampas Suzuki FR80 buat dunia balap bebek, punya part number 21441-35300-000. Monggo! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular