Kasih Obat Kuat

Motorplus - Jumat, 27 September 2013 | 19:31 WIB

Nepel rem rawan karat karena kotoran

Meski ukurannya kecil, nepel rem punya fungsi sangat besar. Baut yang memiliki lubang di bagian tengahnya ini, berfungsi untuk membuang angin palsu di dalam kaliper rem. Kalau sampai bermasalah, dijamin sobat akan kerepotan untuk seting rem hidrolis tunggangan sobat.

Karena ukurannya kecil, part ini suka luput dari pantauan. Kebanyakan terkena karat, dan saat digunakan jadi mudah patah. Apalagi ketika baut akan dibuka menggunakan kunci ring 8. Makanya harus dikasih obat kuat.

“Part ini posisinya terpasang tepat di dekat roda. Jadi, kotoran dari roda mudah hinggap. Makanya jangan heran kalau mudah patah karena tidak dirawat dengan benar,” ucap Yuda Fastulloh yang mekanik Ceper Speed Shop di Jl Curug Pakansari, Bogor, Jawa Barat.

Memang, sejak motor dibuat oleh pabrik, nepel ini sudah diberi pelindung agar kotoran tidak mudah hinggap. Namun karet pelindung hanya menutupi bagian lubang saja. Bagian lainnya masih terbuka, yang memungkinkan part ini menjadi korosi karena sering terkena panas, hujan, dan kotoran.

Bisa lindungi pakai slang yang dibakar satu sisinya

Nah, solusinya sobat bisa membuat pelindung baru pakai slang transparan. Potong slang sesuai ukuran nepel. Tapi, jangan lupa berikan sedikit ruang sisa. Supaya tidak ada lagi kotoran dan air yang masuk, sobat tutup satu sisi slang dengan cara dibakar dan dirapatkan.

Sebelum pelindung baru dipasang, sobat bersihkan dulu bagian nepel hingga tidak ada kotoran yang hinggap. Setelah kering, bisa juga diolesi dengan oli atau minyak kelapa buat pelindung tambahan.

Ada sedikit tips untuk membuka nepel yang sudah lama tidak dibuka dan agak berkarat. “Olesi terlebih dahulu bagian nepel dengan oli. Tujuannnya agar kondisi nepel tidak terlalu kering yang akhirnya membuat rapuh,” kata mekanik yang akrab disapa Ceper.

Sebelum dibuka, sobat bisa ketok-ketok bagian nepel pakai kunci. Tidak perlu terlalu bertenaga. Tujuan mengetuk nepel, agar kotoran yang hinggap bisa rontok.

Hal Ini juga membuat ulir baut yang sudah lama tidak dibuka menjadi lebih mudah untuk dibuka. Karena tidak menempel kencang pada ulir kaliper rem. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular