Kawasaki Z250, Fokus Upgrade ‘Kaki’

Motorplus - Minggu, 29 September 2013 | 13:31 WIB
motorplus
Kawasaki Z250, Fokus Upgrade ‘Kaki’

motorplus
Kawasaki Z250, Fokus Upgrade ‘Kaki’
Kental dengan nuansa moge

Kawasaki Z250 terlahir dengan karakter street fighter. Dari pabrikannya, nih motor memang diciptain agresif dan berkelas. Dari ciri itulah, Bro Hartono merasa Z250 mirip dengan karakternya.

Sayang, belum lama motor kesayangannya itu jatuh dan rusak pada beberapa bagian. Ide cerdas pun muncul. Hartono nggak lantas beli tunggangan baru, tetapi membawa motornya ke bengkel.

motorplus
Kawasaki Z250, Fokus Upgrade ‘Kaki’
Makin kekar dengan kaliper radial,
Monosok diganti tipe kompetisi

Tak cuma buat disembuhin, tetapi dibuat ‘ganteng’ juga. “Karena kalaupun hanya diperbaiki, tetap bakal habis banyak. Biar nggak nanggung, sekalian dia minta dimodifikasi. Terutama bagian kaki-kaki,” beber Ari, modifikator Baru Motor Sport (BMS).

Cocok! BMS memang spesialisnya kaki-kaki. Makanya bagian bawah Z250 lumayan dirombak. Dari pelek, diganti pakai Marchesini ukuran 3,5x17 dan belakang 5,5x17 dengan merek sama. Pelek ini, juga disandingkan ban Dunlop Sportmax GP 120/70-17 (depan) dan 180/55-17 buat belakang.

motorplus
Kawasaki Z250, Fokus Upgrade ‘Kaki’
Lampu belakang dibalut cover


Menambah kekarnya kaki-kaki, sok teleskopik Z250 ikut diganti upside down milik Suzuki GSR600. Ini seiring dengan urusan pengereman. Karena modifikator yang bermarkas di Jl. Palmerah Barat, Jakarta Barat tersebut menggunakan kaliper dari Tokico. Kaliper Tokico yang usung model radial, seolah memberikan kesan moge berlebih.

Begitu juga dengan lengan ayun yang ikut diganti pakai pro arm milik Ducati 848. Tetapi, buat aplikasi arm tunggal milik moge asal Italia ke sasis sport 250 cc Jepang, kudu melakukan penyesuaian. “Hanya melakukan pemotongan kanan-kiri di bagian as arm saja sih. Karena pro arm 848 agak sedikit lebar,” kata Ari.

Agar handling makin mantap, bro Hartono ingin setiap entakan yang dihasilkan kala manuver di tikungan teredam sempurna. Solusinya, monosok dari Sachs pun dicangkok menggantikan suspensi standar Z250.

Pemilihan warna bodi, pemiliknya pengen beda. Bro Hartono ingin tampil cerah dengan dominasi warna kuning. Cerah, tetapi tetap mewah, dan enggak mengurangi kesan ‘laki’nya. (www.motorplus-online.com)


DATA MODIFIKASI

Setang  : Probiker

Raiser  : Probiker

Handgrip  : Rizoma

Spion  : Rizoma

BMS  : 0819-1511-3717

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular