Paket ECU, Beli Software Sendiri

Motorplus - Rabu, 30 Oktober 2013 | 13:23 WIB

ECU alias Electronic Control Unit untuk Honda CBR250R ada merek Vortex. ECU yang populer di kalangan balap CBR250R ini termasuk kategori stand alone. Maksudnya, ECU Vortex bisa diubah maping pengapian, rpm, sampai akselerasi. Untuk mengatur semua ini bisa langsung lewat software yang dibeli langsung dari web www.vortexcdi.com.

“Tapi, perangkatnya bisa dibeli dari sini. Software Vortex bisa tinggal pesan langsung lewat webnya Vortex,” beber Edo Tan, pemilik Tiara Sutan (TS), Cengkareng, Jakarta Pusat. TS jadi agen penjualan Vortex lewat Star Motor yang ditunjuk Vortex sebagai distributor utama Vortex di Indonesia. Sofware yang disediakan pihak Vortex Australia dibanderol sekitar Rp 5 jutaan.

Paket yang disediakan TS adalah ECU dan kabel data. Kabel data ini disambungkan ke ECU dan laptop. Komputer kecil yang disambungkan ke ECU harus sudah diinstal perangkat lunak Vortex. Harga ECU-nya sendiri Rp 9.250.000. Pingin ditambah kabel data bisa ditambah sekitar Rp 2 jutaan. “Seandainya enggak punya software, Star Motor bisa remaping semua data,” beber Eddo.

Memang, sementara ini ECU Vortex hanya diperuntukan CBR250R. Vortex sendiri dasarnya diaplikasi untuk Special Engine (SE) atau motor-motor garuk tanah. Semua SE dipakai hanya menganut mesin satu silinder. Ini makanya Kawasaki Ninja 250 injeksi enggak bisa menggunakan ECU Vortex karena mesinnya dua silinder.

Nah, software yang dekat dengan CBR250 bisa menggunakan perangkat lunak Vortex untuk Honda CRF250.  (www.motorplus-online.com)

 

Paket Laptop

Tiara Sutan (TS) menawarkan secara khusus paket lengkap ECU Vortex, software, kabel data Vortex dan laptopnya. Total semua perangkat ini dilepas Rp 12 juta. Jadi, sobat tinggal pakai untuk Honda CBR250R. Laptop tipe netbook yang sudah diinstal software dari Vortex.

“Tinggal satu. Softwarenya pun sudah ada data-data yang khusus untuk CBR250R. Ini hasil riset Star Motor,” urai Eddo Tan, pemilik Tiara Sutan yang bermarkas di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

Eddo pun bilang dipaketnya itu ada data CBR250R untuk balap. Jadi, sobat tinggal copy.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular