Cara Murah Tambah Spasi Gir Kawasaki Ninja 650, Agar Bisa Pakai Ban Lebar

Motorplus - Kamis, 7 November 2013 | 06:47 WIB

Sematkan 2 ring di tiap baut gir belakang

Modifikasi motor gede alias moge, kiranya meliputi part pendukung performa dan penggantian variasi bolt on. Minimal penggantian kaki-kaki, agar kesan muscle bike semakin mencuat. Namun, penggantian ban dan pelek yang melebihi ukuran standar tentu harus ada sedikit penyesuaian.

Contohnya di Kawasaki Ninja 650. Saat pelek standar diganti pelek aftermarket dengan lebar 5,5 inci dan ban Batllax 180/55-17, posisi gir belakang harus digeserkan. Kalau enggak, saat roda berputar rantai akan menggerus pinggiran roda. Tentu, kondisi ini sedikit mengganggu. Ganggu dompet buat beli ban baru dan visual. He,he,he.

Siapkan total 12 ring yang bakal dipasang

“Mengatasi hal tadi, cukup gunakan dua ring baut 14 mm di setiap baut gir,” terang Bobby Tjhiayadi, pemilik Ninja 650 yang juga tempuh jalan ini.

Caranya, buka mur 14 mm yang ikat gir belakang tanpa harus membuka as roda. Setelah itu lepaskan gir belakang. Usai gir terlepas, sematkan dua ring tebal 2 mm di setiap baut yang berjumlah 6 di nap gir. Semua ring terpasang, kini terapkan gir kembali dan kencangkan.

Usahakan pakai ring 14 mm dengan ketebalan 2 mm saja

Melalui langkah tersebut, akan membuat posisi gir bergeser ke sisi kiri sekitar 4 mm. Efeknya, rantai sedikit jauh dari sisi terluar ban. Dan, kantong enggak jebol karena kudu gonta-ganti ban terus.

Monggo dicoba. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular