Ingin Ganti Komponen Piston Motor 2 Tak? Jangan Khawatir, Masih Banyak Part Impor!

Motorplus - Jumat, 8 November 2013 | 08:39 WIB

Pilihan piston 2-tak orisinil dari neraga tetangga

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, keberadaaan motor dua langkah masih banyak terlihat di jalanan. Bahkan, sosoknya mulai dilirik kembali oleh sebagian orang yang rindu performa mesin 2-tak itu.

Tentunya ini tidak lepas dari kebutuhan suku cadang yang hingga saat ini masih tersedia di pasaran. Meskipun jumlahnya terbatas karena tergerus suku cadang mesin motor 4-tak. Utamanya keberadaan part slow moving, macam piston set. Baik produk orisinal ataupun aftermarket, sampai piston racing.

Nah, buat piston set orisinal pabrikan motor memang masih tetep menyediakan. Sayang, jumlahnya sangat terbatas. “Makanya tawaran produk aftermarket yang beredar di pasaran, seperti piston set produk NPP jadi pilihan. Tentunya dengan harga yang lebih murah dari produk asli,” ujar Dani Fitria mekanik bengkel Gemblink Style di bilangan Tangerang, Banten.

Piston racing oversize sampai 300

Melihat peluang ini beberapa pemilik toko variasi akhirnya mendatangkan jenis piston motor 2-tak dari negara tetangga. “Di Thailand dan Malaysia, piston untuk motor 2-tak masih banyak dijual. Kebetulan, jenis motornya sama dengan di Indonesia,” kata Miekel dari MC Racing di Kebon Jeruk IX No.24F, Jakarta Barat.

Asyiknya, piston yang dijual ini produk orisinal alias OEM dengan pilihan oversize yang komplit. Seperti piston buat Kawasaki Ninja 150. Jenis piston A, B, C, D dengan oversize 100 sampai 300.

Piston KW dan orisinal, perbedaan material sangat jauh

Untuk Suzuki RGR, oversize sampai 100. Untuk Yamaha RX-Z dan RX-King, juga mulai piston ukuran standar sampai oversize 100. Harganya memang lebih mahal. Mulai Rp 300 - 450 ribu, satu set dengan ring piston.

Selain piston impor orisinal pabrikan motor, seher aftermarket juga ada. Terutama buat yang doyan kecepatan alias balap, bisa pilih piston set racing seperti produk Hi Speed. Tersedia buat Ninja 150 dan RX-King. Tersedia pilihan ring piston tunggal dan ganda. “Untuk RX-King sampai oversize 200. Kalau Ninja 150, sampai diameter 62 mm,” promosi Miekel yang juga jual piston TKRJ untuk Yamaha 125Z.(motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular