Kekuatan Komponen Titanium Pada Temperatur Tinggi Lebih Baik!

Motorplus - Senin, 18 November 2013 | 16:11 WIB

Pernah bincang-bincang kelebihan knalpot titanium dibanding besi. Jerry bilang, knalpot 2-tak yang dipakai Ninja 150 makin panas akan semakin enak larinya. Apa yang mempengaruhi? Jawabannya rupanya terletak pada sifat ekspansi termal titanium yang lebih menguntungkan dibanding aluminium.

Ekspansi termal adalah perubahan dimensi yang terjadi akibat adanya perubahan temperatur. Titanim memiliki koefisien termal 8.6 µm.m-¹.K-¹, sedangkan besi 11.8 µm.m-¹.K-¹. Secara teoritis berarti titik muai atau perubahan ukuran titanium sangat kecil dibanding besi. Jika dihitung, pemuaian besi 1,3 kali dibanding titanium.

Bila dipakai untuk knalpot, bahan titanium menguntungkan. Ketika panas, volume knapot tidak banyak berubah alias tidak mengembang. Performa mesin tidak turun. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular