Servis Knalpot Aftermarket Jadi Lebih Awet

Motorplus - Senin, 2 Maret 2015 | 20:00 WIB

Bongkar paku ripet pakai obeng min

Waktu sudah lama pakai knalpot racing atau aftermarket suaranya berubah jadi lebih keras. Malah kadang diiringi dengan suara kaleng beradu. Pastinya, berisik dan mengganggu. Kalau sudah begini, ada cara servis knalpot aftermarket jadi lebih awet.

Hal itu lantaran pada knalpot aftermarket umumnya pakai glasswool buat meredam kebisingan. Nah, saat motor dipakai, apalagi sering digeber rpm tinggi, gas buang yang panas lama-kelamaan akan membakar glasswool tersebut. Sehingga kemampuan meredam suara di dalam silencer jadi berkurang.

Lepas ujung silincer dengan cara digetok palu pelan-pelan

Glasswool ini juga ketika dipadatkan ke dalam silencer, berfungsi memegang pipa saringannya. Ketika glasswool mulai habis terbakar, pipa saringan jadi tak terpegang kuat. “Sehingga pipa saringan jadi mudah bergetar kena getaran mesin, yang akhirnya menimbulkan suara kayak kaleng rombeng,” tukas Ai, spesialis knalpot di Depok Timur, Depok, Jawa Barat.

Servis knalpot aftermarket jadi lebih awet dan mengembalikan suara knalpot seperti semula, ya mau tidak mau mesti ganti glasswool. Ongkosnya kalau di tukang knalpot sekitar Rp 40 ribu – 60 ribu. “Tergantung glasswool yang dipakai juga sih. Di tempat saya, kalau pakai glasswool yang kuning itu dikenakan biaya dan jasa Rp 40 ribu. Sedang kalau pakai yang tipe putih Rp 60 ribu. Itu karena glasswool ini lebih awet,” tukas Ai.

Cabut pipa saringan, dan buang glasswool lama. Masukan pipa, isi glasswool baru

Untungnya tahu servis knalpot aftermarket jadi lebih awet bisa lebih hemat hemat untuk jangka panjang. Servis saja knalpotnya sendiri di rumah. Hanya perlu beli tang ripet plus paku tembaknya. Banyak kok dijual di toko material. Banderolnya mulai Rp 35 ribu – 100 ribuan. Paku ripetnya sendiri sekitar Rp 5 ribu per bungkus (isi 15 – 20 biji).

Terakhir, pasang kembali ujung silincer seperti semula dan dipaku ripet lagi

Trus, siapkan juga obeng min dan palu. Serta beli glasswool secukupnya atau sesuai kebutuhan. Bisa ditebus di toko spare part. Harganya bervariasi, untuk yang kuning ada yang dijual Rp 5 ribu isi 3 bungkus kecil.  Sementara yang putih sekitar Rp 3 ribu per bungkus. Ada juga yang dibanderol Rp 20 ribu per bungkus gede. Isinya biasanya lebih padat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular