Kawasaki Z800, Bukan Hanya Sangar, Tapi Memang Street Fighter Tulen!

Motorplus - Selasa, 3 Desember 2013 | 14:14 WIB

Kawasaki Z800 datang untuk memenuhi hasrat bikers yang doyan pacuan bergenre street fighter tulen. Bukan hanya tampangnya yang sangar, namun kekuatan besar ikut tersembunyi dibalik area dapur pacu yang digendongnya.

Sekilas moge ini tampak sangat identik dengan Kawasaki Z250. Karena dalam segi desain, Z250 memang banyak mengambil inspirasi dari moge yang dibanderol Rp 169 juta on the road ini.

Desain ergonomi yang ditawarkan motor ini terasa cukup nyaman. Penggunaan setang model lurus yang tidak terlalu lebar dan sedikit menekuk ke sisi dalam, membuat posisi riding jauh lebih santai. Karena setang tidak terlalu panjang, jadi Z800 tetap nyaman dan tidak bermasalah dalam aksi selap-selip diantara kemacetan.

Penggunaan upside down 41 mm di depan dan suspensi gas di bagian belakang, memberikan penanganan yang prima saat melibas tikungan. Namun saat melibas tikungan berkarakter high speed, motor ini terasa limbung jika grip gas ditutup sepenuhnya. Akan beda efeknya jika grip gas digantung, ban depan berukuran 120/70-17 dan belakang 180/55-17 akan melekat lebih sempurna di aspal.

Meski bertubuh gempal dan bertenaga besar, Z800 nyaman untuk melibas kemacetan di ibukota. Motor yang memiliki bobot kosong 229 kg ini tak bermasalah dalam mengikuti ritme berkendara stop and go. Sasis tubular dengan jarak sumbu roda 1.445 mm, akan sigap menemani pengendaranya taklukan kemacetan.

Masalah tenaga, moge ini disupport mesin yang punya kapasitas bersih 806 cc. Perpaduan piston 71 mm dan stroke 50,9 mm mampu membuat mesin 4 silinder segaris ini menyemburkan tenaga hingga 112,8 hp/10.200 rpm. Maka jangan heran, monster ini mampu mengail kecepatan 150 km/jam hanya dengan gigi 3 saja.

Memang, karakter mesin Z800 tidak terlalu galak jika dibandingkan dengan Kawasaki ZX-6R atau ZX-6 636 yang hanya berkapasitas 600 cc. Namun untuk kaum urban yang jarang menemui jalanan dengan kondisi kosong, mesin ini dirasa sudah cukup bertenaga.

Sebagai motor yang dijajakan untuk pengendara yang tinggal di area perkotaan, ada kekurangan dari Z800. Moge Kawasaki ini tidak dilengkapi dengan fitur traction control dan pilihan mode power. Imbasnya, saat diajak berkendara ‘sopan’, tenaga besarnya terus meluap-luap dan butuh penangan ekstra.

Cocok untuk penyuka street fighter! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Kapasitas mesin : 806 cc
Konfigurasi : Inline 4 silinder
Power : 112,8 hp/10.200 rpm
Bobot : 229 kg
Harga : Rp 169 juta

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular