Honda CBR600RR, Nyaman Diajak Riding Lantaran Handling yang Sempurna

Motorplus - Sabtu, 7 Desember 2013 | 15:19 WIB
motorplus
Honda CBR600RR, Nyaman Diajak Riding Lantaran Handling yang Sempurna

motorplus
Honda CBR600RR, Nyaman Diajak Riding Lantaran Handling yang Sempurna

Honda CBR600RR hadir mengusung konsep kedekatan rider dengan motornya. Oleh sebab itu, meski bukan motor terkencang di kelasnya, tapi soal handling banyak yang bilang motor ini juaranya.

Dalam sisi ergonomi, sejak menggantikan CBR600F4i pada tahun 2005, posisi riding yang nyaman tetap dipertahankan. Seperti posisi setang yang tidak terlalu pendek, serta posisi duduk yang tidak membuat badan kelewat merunduk. Hal ini membuat motor lebih gampang diajak meliuk dan bermanuver melibas kemacetan yang kerap melanda ibukota.

Kenyamanan saat mengendari moge berkapasitas bersih 599 cc ini juga hadir dalam hal-hal kecil. Seperti tuas kopling yang empuk saat ditarik, dan tidak bikin kaget saat dilepas cepat. Menjadi salah satu ciri khas motor-motor buatan produsen berlogo sayap mengepak.

Bicara soal tenaga, memang tidak terlalu besar dibandingkan kompetitornya. Mesin DOHC inline empat silinder yang diusung, menghasilkan tenaga sebesar 118 hp/13.500 rpm dengan torsi 48,7 ft lbs/11.250 rpm. Tenaganya keluar halus ke bagian roda, makanya meski masih newbie yang bawa, masih tetap aman.

motorplus
Honda CBR600RR, Nyaman Diajak Riding Lantaran Handling yang Sempurna

Dari sisi pengereman, CBR600RR dibekali dengan rem Tokico dengan kombinasi 8 piston di depan, dan 2 piston di belakang. Rem ini cukup kuat untuk menjaga laju motor ketika diajak riding

Dengan tenaga tak terlalu besar dan handling yang nyaman, maka banyak penyuka trackday yang memilih Honda CBR 600RR. Alasannya, rider tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi, jadi bisa langsung ngebut di atas lintasan.

Urusan desain, tampang sporty khas motor sport terasa jelas pada motor ini. Lekukan tajam dibagian tubuh ikut membuatnya terlihat aerodinamis. Satu lagi, penempatan silencer knalpot di bawah jok, menambah kesan garang pada supersport Honda ini.

Salah satu kekurangan dimotor ini adalah minimnya fitur-fitur canggih yang diterapkan. Tidak ada mode kontrol traksi atau mode power yang bisa digunakan. Mungkin jika fitur-fitur tersebut terpasang, motor ini bisa semakin nyaman saat diajak riding.

Untuk sobat yang belum punya pengalaman menunggang supersport namun ingin naik kelas, mungkin motor ini bisa menjadi pilihan. Posisi riding yang nyaman serta power halus yang disajikan, bisa mempercepat waktu adaptasi bagi sobat.

Masalah harga, moge 600 cc ini dijual dengan banderol dikisaran Rp 275 juta. (motorplus-online.com)

SPESIFIKASI

Kapasitas: 599 cc
Konvigurasi
: DOHC inline 4 silinder
Power 
: 118 hp/13.500 rpm
Bobot
: 186 kg
Harga
: Rp 275 juta

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular