Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Bikers, Bisa Dari Mata Hingga Kewanitaan

Motorplus - Senin, 16 Desember 2013 | 07:43 WIB

Menjaga mata tetap sehat dan segar

Daun sirih, sudah sejak lama dikenal dalam masyarakat bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Baik bentuk lembaran daun maupun air rebusan daun sirih itu sendiri. Lihat saja, nenek-nenek zaman dulu yang doyan mengunyah daun sirih. Giginya terlihat kuat dan badan sehat. Kini, manfaat daun sirih kembali dikembangkan melalui berbagai pengobatan herbal.

Manfaat daun sirih, antara lain menguatkan gigi, menghilangkan bau badan, mengobati bronkitis, diare, mata merah bahkan buat wanita bisa mengobati keputihan dan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan. Auuuwww..

Daun sirih yang direbus, air rebusannya bisa dimanfaatkan biker ketika berkendara. Seperti pengalaman Rahmat, biker yang ikut dalam rombongan turing Suzuki beberapa waktu lalu. Ia memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk mengghilangkan mata merah setelah beberapa lama berkendara. Caranya dengan meneteskan air rebusan daun sirih tadi ke mata.

Pengalaman lain juga dialami Ratna, pengendara cewek yang sering melakukan perjalanan luar kota. Ia selalu menyediakan air rebusan daun sirih di dalam back pack-nya.

"Penting buat wanita menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan. Ketika menggunakan toilet umum, air rebusan daun sirih secukupnya, dicampur dengan air biasa, bisa membantu membunuh kuman yang menempel di kewanitaan setelah menggunakan toilet umum," terang penunggang Honda Vario ini.

Menurut Nurlaila dari Rumah Herbal Citra di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Tangerang, manfaat daun sirih membantu mengobati mata merah. "Daun sirih mengandung zat yang bisa mematikan kuman, antioksidan dan jamur," terang Nurlaila.

Selain itu, air rebusan bisa menghilangkan bau badan dan bau mulut dan membantu mengobati keputihan. Ketika mandi dengan air rebusan daun sirih secara teratur, kuman yang menempel di kulit yang menyebabkan bau badan akan hilang.

"Karena manfaatnya yang banyak, kini pengobatan herbal telah menyediakan berbagai obat yang berasal dari daun sirih. Bentuknya ada yang serbuk, kapsul maupun minyak atsiri. Jadi, nggak perlu repot lagi merebus.” (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular