Rawat Secure Key Shutter, Biar Tak Gampang Disasar Maling

Motorplus - Minggu, 29 Desember 2013 | 10:06 WIB

Semprotkan penetran bila terasa mulai seret

Maling paling demen ngincar motor yang kunci kontaknya tak berpengaman. Karena tinggal masukin kunci T, kontak bisa cepat dibobol. Makanya kini hampir semua pabrikan melengkapi fitur shutter key di produk-produk mereka, demi keamanan motor konsumen itu sendiri.

Itu pun shutter key masih bisa dibobol, lho. Tapi, paling tidak bisa memperlambat aksi si tangan jahil. Namun ente kudu ekstra perhatian nih dengan kinerja shutter key motor kesayangan ente. Sebab, shutter key bisa ngambek alias tidak bisa menutup sebagai mestinya bila terserang kerak atau kotoran. Akhirnya, bakal jadi sasaran empuk maling tuh!

Seperti dialami Umi, warga Depok, Jawa Barat pada Honda Scoopy keluaran 2010 miliknya. “Biasanya saat kunci kotak sudah diposisikan ngelock setang dan kunci dicabut, maka shutter key akan otomatis menutup lubang kunci. Tetapi, belakangan ini suka enggak mau menutup otomatis. Mesti diputar dulu pakai gagang kunci,” tutur ibu 3 anak ini.

Putar mekanis shutter key usai disemprot penetran

Ini bisa terjadi bila mekanisme shutter key mulai dihinggapi kotoran atau kerak. Apalagi musim hujan begini, per yang ada dalam mekanisme shutter key jadi tak kuat mendorong penutupnya.

Nah, kalau sudah begini, segera deh atasi lewat cara disemprot penetran. “Boleh pakai WD40 untuk lancarkan kembali kinerja part,” bilang Endro Sutarno, intruktur Astra Honda Training Center (AHTC).

Usai disemprot penetran, buka-tutup mekanisme shutter key beberapa kali agar kotoran yang nempel di dalam rontok. Lalu semprotkan penetran sekali lagi biar kotoran benar-benar bersih. Bila perlu, lubang kuncinya juga ikut disemprot agar perputaran mekanisme kunci lancar. Karena umumnya penetran kayak WD40 juga mengandung pelumasan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular