Modifikasi Honda Tiger 2003 Jakarta, Kanibalin Rangka CB Untuk Kejar Cafe Racer Vintage

Motorplus - Senin, 6 Januari 2014 | 19:26 WIB

Coba tebak, ini adalah Tiger pakai rangka CB atau CB bermesin Tiger?

Tren minimalis ol skool sudah merambah ke motor-motor baru. Simak lelaku AGM, bengkel modifikasi kependekan dari Aditia Ghani Motor ini. “Kami namai vintage café racer,” jelas Aditia sang builder.

Tim ini terbilang menyimpang pakem. Biasanya Honda Tiger disasar peturing  tulen berdesain bagger, lengkap dengan boks belakang atau kiri-kanan. Tetapi, untuk motor satu ini, mereka justru meminilaisir bodywork hingga motor jadi sangat simpel ala sport jadul.

Sasis utama nggak dirombak seperti halnya chopper. Demi mengejar café racer, mereka berani mengambil  sasis Honda CB 100 dan merombak bagian belakang sesuai pakem.

Setelah itu, barulah konsen  pada peranti penunjang yang sangat minimalis. Bebuka kustom, mereka sreg memilih tangki milik Honda CB 200 demi mengejar tampilan lawas. Setelah itu, rumah modifikasi ini memilih pijakan kaki ala underbone agar riding position nunduk. “Menyesuaikan  tampilan di depan dengan setang jepit,” jelas mereka lagi.

Biarpun terkesan jadul nuansa sport, performa tentunya enggak dicuekin. Mesin mereka up grade jadi 250 cc ditunjang karburator gambot dari Keihin PE 28 mm.

“Agar sempurna, kami pilih handgrip Rhizoma dan gas dari Yamaha YZ 125. Terkesan klasik, kami pakai spido Termignoni agar selaras dengan lampu depan variasi dan belakang kustom gaya di dalam buntut hornet,” bangga  tim yang memilih sok belakang YSS untuk motornya ini.

Eye cathing di motor ini tentunya desain buntut ol skool-nya. AGM gandrung pada taste minimalis khasnya café racer. Lampu belakang sengaja disimpan di dalam dan terbungkus indahnya buntut rounded tadi.

“Supaya keren, pelat tadi dibuat bolong-bolong hingga cahaya merah akan keluar saat lampunya menyala,” ulas mereka lagi. Soal ban tentunya tak boleh kelewat besar. AGM lantas memadukan ukuran yang cocok dengan dimensi motor. Pilihan jatuh pada Batlaxx depan 100/80-17 (depan) dan 120/70-17 untuk ban belakang. Siaapp!! (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular