Ganti Lampu-Lampu di Honda Scoopy Mudah Kok, Silahkan Pelajari Triknya Nih Sobat!

Motorplus - Rabu, 8 Januari 2014 | 08:13 WIB

Dorong mika lampu menggunakan tangan

Lampu utama, lampu rem, dan lampu sein dalam sebuah kendaraan memiliki peran yang sangat penting untuk keselamatan. Makanya, kondisi peranti ini wajib diperhatikan. Apalagi kalau sampai putus, harus cepat-cepat diganti agar tidak berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain saat di jalan.

Masalahnya, motor-motor zaman sekarang serba tertutup. Jangan heran kalau proses penggantian lampu jadi sedikit lebih sulit dan makan waktu lama.

Tetapi, semua bisa jadi cepat dan ringkas, asalkan pakai trik-trik khusus. Seperti di Honda Scoopy karbu, sobat harus jeli saat membuka mika lampu. Salah perlakuan, mika lampu bisa pecah yang tentu akan membutuhkan biaya tambahan untuk perbaikan.

Khusus untuk membuka dan menyetel lampu Scoopy model karbu, Karmin yang kepala mekanik Honda Bintang Motor di Cinere, Depok, Jawa Barat akan memberikan beberapa triknya.

Mulai dari membuka mika lampu rem yang lebih sering putus. Sobat harus membuka dua buah baut yang mengikat mika menggunakan obeng. Tetapi, setelah baut terbuka, mika tak bisa asal cabut. Ada satu pengikat lagi yang kudu dibuka.

Lepas baut di bagian bawah untuk ganti lampu sein

“Kalau dicoba cabut dari luar akan sulit. Makanya harus masukan sedikit tangan dari area bawah cover belakang. Tinggal dorong pakai tangan mika akan langsung keluar dan copot,” aku Karmin.

Untuk mengganti lampu sein, sobat juga pasti bingung. Karena jika dilihat sekilas, tidak ada baut atau kancing yang mengikat mika dan rumah sein. Tapi, coba sobat tengok di sisi bawah. Di situ ada satu baut pengikat yang bisa dibuka dengan obeng. Jadi kalau sobat ingin mengganti lampu sein, cukup buka baut pengikat tersebut dan lepas mika lampunya.

Sedangkan untuk mengganti bohlam lampu depan yang putus, Karmin menuturkan masih harus membuka seluruh cover body depan. Tidak ada cara khusus untuk mempermudah penggantian bohlam lampu depan.

Masalah penyetelan jarak sorot lampu juga kerap menjadi bahan pertanyaan. Di Honda Scoopy, posisi baut penyetelnya memang sedikit tersembunyi. Baut setel ada di lubang cover body di bawah mika lampu yang umumnya tertutup plat nomor. Makanya harus dibuka terlebih dahulu.

Cara menyetelnya sendiri  cukup mudah. Sobat bisa gunakan obeng, putar ke kiri untuk membuat lampu lebih menunduk, dan ke kanan untuk meninggikan sorotan lampu. Atur jarak sorot lampu sesuai kebutuhan sobat.

Setel sorotan lampu tinggal putar pakai obeng

Untuk sobat yang menggunakan Honda Scoopy model injeksi atau tipe terbaru, bisa juga menggunakan teknik ini. Cara mengatur jarak sorot lampu dan membuka mika lampu rem belakang, sama persis dengan Scoopy tipe karbu.

Perbedaan kedua model ini hanya pada desain lampu sein. Jika Scoopy model karbu menggunakan sein terpisah dengan body, di tipe injeksi sudah menyatu di bagian cover body belakang.

"Membuka mika lampu sein Scoopy injeksi memang sedikit sulit. Harus bongkar body belakang terlebih dahulu baru bisa dicopot bohlam lampunya," tutup pria yang tinggal di Jl. Baru Juanda, Depok ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular