Enduro Race Ciater, Ini Dia Event Final Enduro Yang Sejati

Motorplus - Rabu, 8 Januari 2014 | 20:24 WIB

Seri III atau putaran final AHRS West Java Enduro Championship (AWJEC) 2013 benar-benar jadi puncak. AWJEC yang digelar di sirkuit Sari Ater, Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu-Minggu lalu (28-29/12) ditonton lebih dari 5.000 orang. Belum lagi jumlah starter lebih dari 260 orang.

Dari sisi penonton AWJEC di Ciater paling banyak dibanding seri di Padalarang dan Ku-ningan. Jumlah starter pun lebih banyak dua kali lipat dibanding dua putaran sebelumnya.

“Penonton banyak karena sirkuitnya menyatu dengan objek wisata. Starternya bertambah karena komunitas adventure kita berikan jadwal turun saat Sabtu,” ujar Deddy ‘Dogel’ Adisudharman, Ketua Penyelenggara AWJEC dari Mud Land, Bandung.

Pastinya yang paling bikin kejutan jumlah starter AWJEC Ciater. “Ada beberapa kelas tambahan kita buka. Ini yang enggak ada di dua seri sebelumnya,” ujar Kuswara, RC AWJEC.

Kategori tambahan yang ada seperti dibukanya kelas Usia 35 tahun ke atas. Termasuk juga, adanya kelas Usia 45 tahun. Kelas ini enggak digabungkan jadi kategori Hobbies.

Tapi, kelas baru yang paling penting bikin ramai final AWJEC di kategori pemula. Untuk kelas pemula dibuka Build up Pemula dan Lokal Modifikasi Khusus Pemula. Build Up Pemula sanggup menyedot lebih dari 20 starter. Sedangkan Lokal Modifikasi Khusus Pemula, starter sampai menyentuh angka sekitar 70-an.

“Buat saya yang baru ikutan enak. Enggak digabung peserta yang sudah lebih duluan turun di enduro,” ujar Mukti, grasstracker asli Bandung yang turun di kelas Lokal Modifikasi Khusus Pemula.

Artinya, sementara ini enduro race menampung dulu keinginan peserta. Tujuannya supaya komunitasnya terbangun. Seandainya sudah diatur dengan regulasi yang sangat ketat dan mengikat, akan terjadi seperti seri I dan II AWJEC.

“Sudah bagus di final. Komunitas dan pehobi ada tempat. Biarin dulu aja peserta ramai. Setelah itu baru deh diatur,” timpal Hendra Akew, mantan grasstracker dari Tasikmalaya.

Lebih sip lagi, ke depannya enduro dibikin di area wisata. “Pasti ramai. Sekalian bisa liburan,” tutup Farhan Hendro, Juara Umum AWJEC 2013, dari tim Cargloss AHRS

Tinggal lihat tahun depan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular