Modifikasi Yamaha V-ixion 2007 Medan, Modal Mesin dan Deltabox

Motorplus - Kamis, 16 Januari 2014 | 14:53 WIB

Modifikasi memang harus total, supaya hasilnya enggak sia-sia dan enak dipandang serta bikin pede saat diajak nongkrong. Dengan filosofi tadi, Muhammad Bondan Syahrizal coba terapkan di Yamaha V-ixion yang dimodif jadi nuansa Yamaha YZ250 supermoto.

“Kejar tampilan YZ250, kita rombak total dan hanya menyisakan engine dan deltabox saja,” curhat Bondan panggilan akrab Muhammad Bondan Syahrizal.

Dengan sisa deltabox dan engine, Bondan bekerjasama dengan workshop Supermoto Corner (SMC) Medan, Sumatera Utara untuk merekontruksi aliran street fighter jadi supermoto. “Langkah pertama, tentunya hunting bodi set kepunyaan YZ250, agar lebih mudah saat seting posisi dudukan baut,” bilang Bondan.

Memperkokoh sektor depan, Bondan pilih upside down KYB copotan YZ250. “Cara pasangnya, deltabox kita potong di tengah dan disambung dengan deltabox bikinan terbuat dari aluminium alloy. Sebelum disambungkan, dudukan as sok kita buat terlebih dahulu,” jelasnya. Pemotongan deltabox ini juga bertujuan untuk memposisikan tangki dan sayap YZ250 agar terlihat proporsional.

Giliran pasang bodi belakang YZ250 ke deltabox V-ixion. “Agar posisinya pas sesuai dudukan, sub frame dibikin ulang dari plat besi yang ikuti kontur jok dan posisi lubang baut bodi YZ250,” jelasnya.

Kala pasang pelek dan ban gambot khas supermoto, swing arm standar enggak bisa menyokong. Solusinya, dibikinkan arm baru yang meniru bentuk YZ250.

Menutupi sektor frame deltabox yang tak punya downtube, SMC bikinkan sasis baru model knock down.

“Sasis knock down ini kita bikin dari pelat besi. Kita baut ke dudukan radiator untuk atas dan bagian bawah ikut ke as mesin. Saat ganti oli tinggal buka baut yang ikut ke bagian as. Tinggal geser frame, karena mengadopsi sistem engsel,” kekehnya.

Di event Yamaha Cuzztomatic 5, Region 2 yang diadakan di Medan, V-ixion ini menyabet juara III kelas Non Automatic Extreme MEFRIK.

Mantap! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek: TK

Lampu: Accerbis
Knalpot: FMF
Handgrip: Metal Mulisha
Teromol: Yamaha YZ250

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular