Wajib Kuras Oli Lama Sebelum Tuang Oli Baru Ketika Ganti Per Sok

Motorplus - Kamis, 16 Januari 2014 | 13:14 WIB

Pastikan kode part dan takaran olinya tidak salah

Meskipun prosedur pengantiannya lama dan tidak ada di manual book, umumnya per sok depan diganti lantaran performanya sudah mulai menurun. Motor akan terasa seperti melayang jika tunggangan dipakai dalam keadaan pelan, apalagi kencang. Sehingga faktor safety jadi menurun jika diabaikan.

Hanya yang perlu diperhatikan saat ganti peranti yang juga didukung pelumas di dalam tabung, baiknya jangan dilakukan hanya satu bagian saja. Apalagi pelumas dan per di dalam tabung bekerja secara bersamaan saat kompresi maupun rebound. Akan lebih baik jika proses pengantiannya dilakukan berbarengan.

Cuma yang perlu diingat saat ganti pelumas di tabung jangan dilakukan secara sembarang. Maksudnya oli lama dibuang lalu diganti baru. Hasilnya kurang bagus lantaran sisa oli pengaruhi pelumas baru. Sebab selain terkontaminasi oli lama, volumenya bisa enggak imbang meskipun takarannya tepat. Nah, yang idealnya, dikuras dulu sebelum ganti oli baru. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular