Modifikasi Yamaha V-ixion 2009 Solo, Konsepnya Galau Antara YZR-M1 Atau YZF-R6

Motorplus - Sabtu, 18 Januari 2014 | 06:12 WIB

Tampil ala motor balap yang gas pol di kompetisi balap dunia atau MotoGP, memang masih jadi magnet. Maksudnya magnet arahan modifikasi. Buktinya, monggo lihat Yamaha V-ixion lansiran 2009 milik Adi Boy, yang berbaju rapat lewat fairing pada seluruh bodinya.

Menurut Hermawan dari Chomenk Modified Solo, yang kebetulan garap motor tersebut. Adi mau tampil ala Yamaha Tech 3 pacuan Cal Crutchlow. Ini terlihat dari grafis catnya diyakini seperti itu.

“Namun, tetap diberi bumbu berbeda. Maksudnya, gabungkan beberapa style yang mengarah ke bodinya. Makanya model buntut mengacu Yamaha YZF-R6 yang meruncing. Sedangkan fairingnya adopsi ala Yamaha YZR-M1,” yakin modifikator yang top dipanggil Chomenk.

Pilihan gabungan keduanya diklaim beralasan. “Tampilan fairing M1 lebih sporty. Namun sayangnya buntutnya model single seater. Beda kalau R6, ada jok buat boncenger,” lanjut Chomenk yang buka gerai modif bilangan Kleco, Solo, Jawa Tengah.

Akhirnya memang fairing kedok dibuat detil mirip M1. Sedangkan mulai kondom tangki, deltabox ke buritan ala R6 lengkap dengan aplikasi sepatbor buritannya. Bahannya cukup fiberglass.

Dimensinya, disesuaikan dengan gestur V-ixion. Jadi pas, enggak kedodorran atau kegedean, tetapi juga tak kekecilan bro. Asyiknya lagi, sasis asli tak dijamah. Artinya enggak ada yang dirusak apalagi sampai dimutilasi.

“Paling, di sasis saya buatkan braket tambahan yang bersistem knock down. Itu digunakan untuk mengaplikasi bodi-bodi fiber tadi,” lanjut Chomenk yang enggak ada hubungan dengan Komenk Uhuy...

Untuk makin pertegas tampilannya, sektor sikilan (kaki-kaki) mendapat perhatian bro. Sokbreker upside down variasi dipasang menopang kaki depan. Sedangkan kaki buritan terpasang rapi pada swing arm custom ala R6. Karena buatan Chomenk sendiri, berbahan plat besi tebal dengan selisih lebih panjang 2 cm ketimbang panjang swing arm aslinya. Keduanya tampak pas mengapit pelek Isikawa yang bertapak lebih lebar.

Oh ya, satu lagi yang tak kalah unik! Bentuk knalpotnya, bro. Katanya ala Aprillia Shiver. Tapi, nongol di sisi kanan bawah. Bukan di bawah buntut. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: FDR 90/90-17

Ban belakang

: FDR 130/60-17

Pelek depan

: Isikawa

Kaliper

: Brembo 4 piston

Chomenk Modified : 0888-6730-309

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular