Modifikasi Kawasaki KZ 200 BInter Merzy 1981 Tangerang, Setang Baplang Nyaman Riding

Motorplus - Minggu, 19 Januari 2014 | 06:10 WIB

Buat Moch Rifai, dedengkot Pei 52 Custom, chopper harus tetap nyaman saat riding. Makanya khusus tunggangan Bro Angga, ia menghindari kontruksi hardtail di motornya. “Saya tetap memilih sok dobel di belakang. Gabungan Jap’s di belakang dan chopper untuk depan,” bukanya.

Tak cuma itu ia juga menerap langkah efisiensi khususnya di sektor sasis. Lelaku custom di sektor ini lebih dominan di bagian belakang. Single down tube di depan aslinya KZ 200 sama sekali enggak diubah. “Singe down tube sudah baik untuk bentuk klasik. Tampilan menjadi lebih simpel dan membuat mesin lebih dominan,” entengnya.

Ia juga pasti setuju dengan Em-Plus bahwa menonjolkan mesin gede tak hanya dari pilihan single down tube. “Tangki juga dibuat kecil dan ramping diikuti jok ala jap’s dan sepatbor yang tidak terlalu fulldressed,” katanya lagi.

Sama seperti sahabatnya di Kiss Custom yang mejeng barengan, Pei juga menganut azas keseimbangan. Semua yang serta slim sedikit diimbangi dengan pilihan setang yang cenderung baplang. “Selain enak dilihat, setang begini nyaman untuk riding,” tambah Angga, ownernya. Tentunya enggak cuma itu! Supaya makin ngisi, 52 Custom juga mendesain knalpot 1-2 agar terkesan lebih berisi. Satu keluar dua dan dibuat agak mendongak ke atas untuk mengesankan kesan ‘berat’ di sektor belakang,” jelas builder yang sreg memilih karet Corsa 150/60-17 dan Swallow 90/90-21 untuk ban depan-belakang.

Input dari redaksi tentu saja ada.  Pembungkus knalpot dirasa kurang rapi. Idealnya, 52 custom lebih konsen di finishing terutama sisi ini. Input paling ideal misanya menggabungkan pembungkus knalpot tadi dengan cover heat berbahan tembaga atau pelat krom dengan variasi tertentu sesuai selera.

Unsur warna coklat di jok memang seharusnya diimbangi warna sejenis di bagian bawah atau depan untuk harmonisasi dan keseimbangan. Dimensi untuk tiang spion, juga terasa terlalu panjang. Apalagi pilihan setang yang agak lebar.  Secara desain motor jadi 'berat' ke depan karena pilihan ini. Makin afdal, 52 juga  bisa memikirkan menambahkan cover samping kiri-kanan agar motor tak terlalu kosong. Tapi, hal ini tentu terkait selera owner juga buildernya sih. Peace! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Swallow 90/90-21

Ban belakang : Corsa 150/60-17

Pelek depan: 1,85X21

Pelek belakang : 3,50X17

Lampu depan: Variasi mobil

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular