Rawat Karet Dumper Bodi, Bisa Cegah Getar dan Suara Mengganggu di Pacuan

Motorplus - Kamis, 23 Januari 2014 | 07:21 WIB

Karet yang rusak bikin redaman kurang maksimal

Selain besi dan plastik, sepeda motor memiliki beberapa part yang berbahan dasar karet. Salah satunya karet dumper yang berada di posisi bodi, setang, dan rangka. Meski jarang mengalami kerusakan, part yang satu ini juga harus diperhatikan. Itu agar enggak getar! Iya, macam tubuh habis naik angkutan umum seperti Bajaj. He,he,he.

Tidak terlalu banyak motor sekarang yang menggunakan karet body, namun beberapa diantaranya masih ada. Contohnya di motor-motor bertipe sport seperti Kawasaki Ninja 150 RR. Beberapa bagian body di fairing Ninja masih menggunakan karet untuk menyatukan sisi satu dan yang lainnya. Makanya kondisi karet harus dijaga jika tidak ingin muncul bunyi-bunyian tidak sedap.

“Kalau di produk Honda, ada Mega Pro, Supra X, dan Vario yang masih menggunakan karet dibagian setang dan body. Partnya memang tidak mudah rusak, namun kondisi harus diperhatikan demi kenyamanan berkendara,” ujar Aan Purnama yang mekanik AHASS Kanaan Motor di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Untuk pemilik motor lawas harus lebih waspada. Umumnya karet sudah mati alias tidak berfungsi secara maksimal. Efeknya, selain body tidak bisa merekat dengan sempurna, redaman yang diberikan karet juga menjadi berkurang.

Nah, masalahnya cukup jarang bengkel atau dealer resmi yang menjual part yang satu ini. Namun tidak perlu khawatir, biasanya karet-karet body masih bisa dibeli di toko yang banyak menjual baut. Ukuran dan jenisnya juga banyak tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

Potong karet menggunakan cutter sesuai kebutuhan

Masalah harga, karet ini juga cukup terjangkau. Umumnya dijual dengan harga Rp 3 ribu untuk satu karet. Jenis yang dijajakan kebanyakan karet box aki, karet body, dan karet dumper untuk setang.

“Di dealer resmi memang part yang satu ini jarang ready stock. Kalau mau harus pesan terlebih dahulu baru nanti dicarikan. Maklum karena jarang yang ganti dan tidak mudah rusak,” tambah Aan.

Memang, tak semua toko jual berbagai jenis dumper. Bagi yang kesulitan dapatkan masih bisa diakali. Sobat bisa menggunakan karet dumper yang banyak dijual di toko material. Bentuknya memang berbeda, namun bisa dimodifikasi.

Karena karet dumper yang tersedia profilnya sedikit tebal, sobat kudu potong pakai cutter buat pasang di body. Ketebalannya, bisa dikira-kira. Satu karet bisa dibelah jadi dua untuk sisi luar dan dalam. Ini juga cukup praktis karena bagian tengah sudah berlubang untuk posisi baut.

Selain body, karet dumper modif ini juga bisa digunakan untuk bagian setang dan karet pegas pengunci jok. Untuk digunakan sebagai karet pengunci fairing atau box aki memang sedikit sulit. Karena bentuk karet asli punya alur ditengah untuk menjepit pada body. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular