First Ride New Honda Revo FI, Lebih Bertenaga, Responsif dan Meruncing!

Motorplus - Minggu, 26 Januari 2014 | 12:00 WIB

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New Honda Revo FI di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Utara (9/1) lalu. Di acara ini, Em-Plus dapat kesempatan langsung merasakan performa motor entry level buatan AHM ini.

Saat mata memandang, perubahan besar jelas terlihat pada desain cover body yang ditampilkan. Jika di model Revo sebelumnya yang masih mengadopsi karburator, desain mengandalkan bentuk membulat. Di Revo versi injeksi ini, desain ‘tubuh’ berubah lebih meruncing alias sharp yang mengentalkan kesan sporty.

Lincah khas sepeda motor perkotaan

“Desainnya memang kembali dibuat meruncing untuk mengeluarkan karakter sporty. Selain itu desain Revo FI lebih aerodinamis dan modern mengikuti permintaan pasar Indonesia,” begitu kata Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM.

Bukan hanya desainnya yang mengalami perubahan, mesin Revo FI juga diklaim lebih irit dan lebih responsif dibandingkan versi karbu. Jelasnya, lihat halaman 21, di artikel Bedah Teknologi New Honda Revo FI. Tentu, hal ini semakin menambah rasa penasaran untuk mencoba langsung si Revo FI. Dan, menceritakan ke sobat.

Posisi lampu sein pindah ke cover body depan

Saat sedang bersiap memakai perlengkapan test, 10 unit Revo FI telah menanti. Tiga varian Revo FI yang terdiri dari versi casting wheel, spoke wheel, dan Revo Fit sudah terparkir rapi. Tidak lupa, satu unit versi karburator juga tersedia sebagai pembanding.

Versi casting wheel yang menjadi varian tertinggi dipilih sebagai motor yang akan dicoba. Tarikan mesin terasa begitu responsif saat gas mulai dipelintir. Tenaga 8,91 hp/ 7.500 rpm dan torsi 8,76 Nm/ 6.000 rpm, cukup galak sejak putaran bawah. Mungkin ini salah satu tawaran yang diberikan dari peningkatan rasio kompresi mesin yang awalnya 9,1 : 1 menjadi 9,3 : 1.

Tersedia tempat tutup tangki di dekat bagasi

Masalah handling, motor ini terasa lincah khas motor perkotaan. Meski diklaim menggunakan desain ban baru yang minim friksi, Revo FI masih terasa stabil. Karet bundar 70/90-17 (depan) dan 80/90-17 belakang tetap berikan traksi maksimal ke aspal.

Untuk ergonomi, tidak ada perbedaan antara Revo FI dan Revo karbu. Tinggi badan 169 cm/ 55 kg ini, terasa pas dan nyaman saat menunggang Revo. Baik dalam keadaan berjalan, maupun saat menopang motor saat berhenti. Kedua paha tak dibuat mengangkang kala menopang motor dimensi panjang 1.919 mm X lebar 709 mm X tinggi 1.080 mm.

Ditawarkan dalam tiga varian

Selain itu, panel indikator baru di spidometer memberikan informasi lengkap pada pengendara. Desain simpelnya, memberikan kemudahan pengendara untuk membaca sinyal yang diberikan. Itu karena ada juga indikator posisi transmisi.

Itu kesan pertama saat menyemplak Revo FI. Untuk lebih rincinya sabar ya. Sesi test ride di edisi depan ya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular