Ganjal Head Silinder Suzuki TS 125 dan Yamaha RX-King, Harus Diganjal Biar Kuat

Motorplus - Senin, 27 Januari 2014 | 15:12 WIB

Penyangga menekan kuat ke rangka dan head

Penyemplak Suzuki TS 125 yang kerap mengikuti trail adventure, biasanya sering mendapat kendala dengan kendurnya posisi empat baut mesin atau kaki empat. Meski yang kendur hanya beberapa baut saja, namun bisa mengakibatkan kebocoran kompresi. Power pacuan jadi lemah.

Antisipasinya, ada trik khusus bagi adventurer yang andalkan Suzy TS maupun Yamaha RX-King. “Cukup diakali pakai baut ring 19 sebagai pengganjal blok mesinnya,” buka Simbah Mail dari bengkel Simbah 126 di Jl. Raya Pasar Krucuk-Kramat Mulya, Kuningan, Jawa Barat.

Untuk itu, siapkan dua baut ukuran 19 drat kasar berikut empat buah ring bautnya. Kemudian selongsong pipa seukuran lubang baut 19 dan juga plat besi tebal 2 mm dengan masing-masing sebanyak dua buah. Pasalnya, untuk dibuat dua buah dudukan penyangga blok mesin di depan dan belakang.

Ujung-ujung dudukan menyerupai huruf Y

Caranya, kedua plat besi dibikin dudukan menyesuaikan penyangga tulang rangka atas yang dilas dengan selongsong pipa seukuran baut ring 19. Sehingga bentuknya nanti menyerupai huruf Y. Sedangkan untuk bagian bawah, juga dibikin serupa dari plat besi yang disambung dengan baut ring 19 dan menyesuaikan ukuran antara celah blok mesin.

“Jadi ketika dipasang bagian depan dan belakang, posisi baut harus masuk dengan dudukan atasnya masing-masing. Setelah itu, tinggal atur mur bautnya sesuai ukuran yang diinginkan. Dijamin, posisi blok dan head silinder mesin jadi lebih kuat akibat adanya tekanan dari baut,” tutur Mail, yang juga pembalap road race asli kota Kuningan ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular