Modifikasi Yamaha V-ixion 2011 Sungai Liat-Bangka, Siasati Body Swap

Motorplus - Selasa, 11 Februari 2014 | 06:54 WIB

Jangan kira pasang body asli copotan limbah moge itu seperti membalikkan telapak tangan. Justru, prosesnya sampai nempel manis di rangka motor berkapasitas mesin kecil itu lebih sulit. Malah, pengerjaanya jauh lebih mudah bikin bodi baru ala moge dari bahan fiberglass.

Itulah yang dialami Antoni Purnawirawan, modifikator sekaligus owner dari rumah modifikasi D’fect Project yang beroperasi di Sungai Liat, Bangka Belitung saat pasang body asli Yamaha R6 ke rangka Yamaha V-ixion lansiran 2011. “Dimensi moge dan motor kecil enggak sama kalau dipaksakan. Beberapa bagian bodi jadi kelihatan kedodoran,” urai Antoni.

Apalagi, Richard sang pemilik motor menginginkan pemasangan body Yamaha R6 ini harus bisa semirip mungkin tanpa harus potong rangka. Inilah yang bikin modifikator dibuat pusing harus putar otak agar bisa memuaskan hati pelanggannya.

Untuk meyiasati dimensinya dimulai dari ubahan kaki-kaki lebih dulu. Biar sumbu roda V-ixion lebih melar layaknya moge, diakali lewat custom swing arm. “Panjangin sumbu roda, jadi salah satu kuncinya biar proses pemasangan body swap dimensinya enggak kedodoran,” beber Antoni yang sempat berguru body fiber di pulau Jawa.

Oh ya. Banyak yang sangka kalau suspensi depan model upside down yang nempel di Yamaha V-ixion lungsuran moge. Rupanya, banyak yang tertipu mata. Sebab Antoni hanya melakukan custom dari sok bawaan V-ixion yang masih teleskopik. “Saya hanya bikin segitiganya saja jadi lebih lebar, kalau upside downnya dicover dari material paralon,” bebernya. Cerdas..! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Comet 110/60-17
Ban belakang : Battlax 150/70-17
Knalpot : Akrapovic
D-fect Project : 0852-79113224
Pin : 2A39905F

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular