Modifikasi Yamaha Jupiter 2007 Semarang, Andalkan Volume Ruang Bakar 11,5 cc

Motorplus - Rabu, 12 Februari 2014 | 13:36 WIB

Yamaha Jupiter dari tim SBT 86 Tech asal Semarang, Jawa Tengah ini mengandalkan setingan volume ruang bakar 11,5 cc. Katanya sih, seting ini membuat pacuan lebih bertaji kala turun di kelas Bebek Modifikasi ajang grasstrack.

Rivaldy Julian yang sejatinya masih berstatus sebagai pembalap pemula pun sering kali merepotkan pembalap-pembalap grade di atasnya.

Dengan volume ruang bakar yang 11,5 cc, didapatkan perbandingan kompresi mesin menyentuh angka 12,3 : 1. Ini tercipta setelah melalui pemapasan dan penggantian piston. “Nilai 11,5 cc didapat dari pengukuran menggunakan buret, setelah melakukan beberapa perubahan,” beber Ambon yang bertugas merawat motor ini.

Perubahan yang jelas berpengaruh, terletak pada penggantian piston. Aplikasi piston kompetisi dari Daytona dengan diameter lingkar sebesar 55,25 mm.

Piston dengan model kubah ini efektif menaikkan kompresi di ruang bakar. “Kubah atau dome tetap kita lakukan pemapasan untuk mendapatkan perbandingan kompresi yang tepat. Jika diukur dari permukaan pinggir piston, tinggi dome setinggi 3 mm,” tambah Imam Safii, tunner tim yang tetap mempertahankan panjang langkah piston sesuai standar namun memapas head silinder 0,6 mm.

Untuk bahan bakar, motor ini masih setia menggunakan bahan bakar bensol. “Meskipun tim lain sudah beralih ke Pertamax Plus, motor ini masih menggunakan bensol. Jadi, perbandingan kompresinya bisa lebih padat,” timpal Ambon.

Suplai bahan bakar yang masuk ke ruang bakar juga coba dimaksimalkan. Dipilih karburator Keihin PWK 28 mm yang dirasa cukup mudah dalam melakukan seting. Karbu ini juga mempunyai respon yang sempurna dan flow lebih besar pada putaran tinggi.

Dengan perubahan yang terjadi, ukuran pilot jet dan main jet juga disesuaikan. “Kita gunakan spuyer ukuran 85/108 untuk menjaga konsistensi aliran bahan bakar ke ruang bakar,” jelas Imam sembari bilang pengapian aplikasi magnet Yamaha YZ125 dan CDI Vortex agar pembakaran makin maksimal.

Juaraaaahh....!! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Sok depan

: Yamaha YZ85

Sok belakang

: Kayaba Merah

Knalpot

: AHRS

Piston

: Daytona

Pengapian : Yamaha YZ125

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular