Berburu Ban Bekas Balapan, Harganya Berkisar Rp 150 -175 Ribu, Tergantung Kondisi

Motorplus - Kamis, 13 Februari 2014 | 10:46 WIB

Penjual ban besar punya pilihan yang lebih lengkap

Sobat yang ingin mengadopsi ban balap alias soft compound di tunggangan, sudah tidak perlu repot lagi untuk mencarinya. Saat ini, ban balap banyak tersedia di pasaran. Bukan hanya di toko khusus ban, namun banyak juga speed shop yang jual produk ban bertipe soft compound ini.

“Sekarang cari ban bertipe soft compound sudah gampang. Bukan cuma toko ban besar yang menjual ban bertipe ini. Tapi, di toko-toko spare part juga mulai banyak yang jual,” ujar Adam Zulhamsyah anggota North Batavia Ninja yang menggunakan ban tipe soft compound di tunggangannya.

Itu kalau bicara ban baru! Tetapi, kalau bicara ban bekas balap, tentu enggak ada di toko! Mencarinya, sobat kudu jeli. Karena ban bekas ini, kebanyakan dijual oleh tim-tim balap road race. “Perhitungannya, daripada harus menimbun banyak ban bekas, lebih baik dijual saja,” ungkap Ergus Oei dari tim balap Honda Oei TDJ KYT IRC yang mengaku biasanya ban-ban bekas balap tersebut sudah dipesan oleh komunitas atau klub-klub motor.

Harga jual, tergantung dari kondisi ban. Artinya, jika kondisi ban masih bagus, tentu sedikit lebih mahal. “Tetapi biasanya kondisi ban sekitar 80 persen. Karena biasanya hanya dipakai 30 lap dan ganti. Apalagi ban depan, karena lebih sedikit termakan dari ban belakang. Untuk harga, kisaran 150 - 175 ribu,” sebut Acien, sapaan akrab Ergus di Jl. Dewi Sartika No. 32, Ciputat, Tangerang.

Selain itu, ada juga yang jual ban bekas balap ketika di event balap selesai. Tak hanya dijual satuan, ada juga tim yang jual per pasang. Harga, mulai dari Rp 300 - 350 ribu. “Lumayan buat yang budget terbatas,” ujar Andri warga Depok, Jawa Barat yang rajin beli ban bekas balap buat Yamaha Jupiter Z-nya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular