Modifikasi Kawasaki Ninja 150R 2001 Semarang, Pakai CDI Suzuki RC Dapat Best Time 2014

Motorplus - Senin, 17 Februari 2014 | 18:54 WIB

Kawasaki Ninja 150 pacuan teranyar dari tim So-Tech yang bermarkas di Semarang, Jawa Tengah ini bermain di kelas Sport Tune up 155 cc. Dengan mekanik Solikin, Ninja pekgo ini optimis mampu menjadi best time di tahun 2014 ini. Modalnya, cuma CDI milik Suzuki RC100.

Bersama joki Dwi Batank, Solikin tidak perlu melakukan banyak penyesuaian dengan gaya balapnya. Karena memang sudah hafal dengan karakter dan gaya balap pembalap yang berasal dari kota Lumpia tersebut.

Seperti apa ubahan yang telah dilakukan oleh Solikin sehingga dia optimis meraih rekor best time dengan motor berkelir orange ini.

“Yang pasti, ubahan yang kita lakukan pada motor ini masih tergolong simpel dan hemat biaya,” buka Solikin. Dua poin yang menjadi fokus ubahan sehingga tenaga selalu ngisi dari saat start sampai putaran tinggi. Poin pertama ubahan yang dilakukan pada bagian sistem pengapian.

“Sistem pengapian pada Kawasaki Ninja 150 masih menggunakan sistem AC, sehingga lebih mudah untuk melakukan ubahan,” jelasnya. Bahkan, otak pengapian diambilkan dari Suzuki RC yang mempunyai beberapa keunggulan. Salah satunya, CDI ini masuk dalam jajaran CDI non limiter. Sehingga, tetap mampu bekerja pada putaran tinggi.

“Disamping itu juga, harganya murah dibandingkan dengan CDI racing produk local maupun impor. Dipasaran, harga CDI Suzuki RC ini masih berkisar dibawah Rp 100 ribuan.

Poin ubahan kedua adalah ubahan pada komposisi dapur pacu. Untuk dapur pacu, telah dinaikkan kapasitasnya dari 149 cc menjadi 155 cc.

Kenaikan kapasitas mesin tersebut disebabkan karena penambahan panjang langkah sebesar 1,2 mm (naik-turun, 2,4 mm). Total stroke jadi 56,8 mm. “Penambahan langkah piston tersebut didapatkan dari pemakaian pen stroke produk dari CMS,” tutup mekanik langsing ini.

Sementara, untuk bagian piston masih aplikasi standar, 59 mm. Namun tentunya, lubang exhaust dan lubang bilas juga dilakukan porting-polish agar aliran bahan bakar dan udara lebih lancar masuk ke ruang bakar.

Nampaknya, keoptimisan buat menjadi best time di 2014 ini memang tidak hanya sesumbar saja. Meskipun belum banyak event dragbike yang diikuti, setidaknya motor ini telah mampu mencatatkan waktu konsisten mendekati 7 detik saat dilakukan pengujian di sirkuit. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Karburator

: Keihin PWK 38 mm

Membran

: V-Vorce 3

Pen stroke

: CMS

CDI : Suzuki RC

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular