Bridgestone Pastikan Pasok Ban Khusus Untuk Kategori Open Class di MotoGP

Motorplus - Selasa, 18 Februari 2014 | 18:09 WIB

Tidak berbeda dengan perlakuan Bridgestone pada kategori CRT (Claiming Rule Team) yang sekarang berganti jadi Open Class (OC) di MotoGP, juga akan diberikan kompon ban yang lebih lunak ketimbang motor di kategori factory. Namun pasokan ini hanya akan berlaku untuk ban belakang saja. Ban ini sudah mulai dipasok dan di ujicoba oleh para pembalap OC di tes resmi pra musim MotoGP di Sepang awal Februari lalu.

Perubahan yang ditanamkan pada ban 2014 terdapat pada kekuatan konstruksinya. Terkhusus perlindungan pada temperatur yang berlebih seperti ketika digunakan di MotoGP Australia lalu. Lantaran tingkat kepercayaan pembalap pada kompon ban Bridgestone juga semakin besar. Sehingga lean angle di MotoGP semakin menggila.

“Dari sudut pandang kami, perbedaan performa antara kategori open class dan factory, sekarang sangat tipis. Bahkan motor OC sudah mampu menyeruduk di posisi 4 besar pencapaian lap tercepat. Itu berarti mereka juga sudah bisa menggunakan ban yang setara dengan motor factory. Tapi untuk motor OC yang lamban, mereka bisa menggunakan ban yang komponnya lebih lunak,” papar Hiroshi Yamada, Manager Motorsport Bridgestone.

 “Sebenarnya permintaan untuk memberikan kompon khusus bagi kategori OC, adalah permintaan dari Dorna Sports. Perbedaan komponnya hanya dialokasikan setingkat dibawahnya. “Kami berharap ini akan membuat pertarungan MotoGP 2014 jadi lebih seru,” timpal Shinji Aoki, Motorsport Tyre Development di Bridgestone. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular