Servis Rumah Kunci Yamaha X-RIDE Cukup Dibersihkan dan Dilumasi

Motorplus - Selasa, 4 Maret 2014 | 15:06 WIB

Hindari kotoran dengan menutup pengaman kunci

Musim hujan memang mulai berlalu, tapi imbas dari air hujan biasanya masih terasa. Seperti yang dialami Yamaha X-Ride, keseringan kemasukan air hujan bikin kunci kontak macet dan keras. “Pernah saya paksa sampai bengkok,” keluh Armand Yuari, owner X-Ride dari Denpasar, Bali.

Biasanya jika sudah parah kadang sampai tidak bisa dibuka alias macet. “Tenang, kunci kontak X-Ride bisa dibersihkan dan diservice kok,” terang Budi Astawa, Service Advisor Yamaha Flag Ship Shop, Bali. “Jadi, tidak perlu mengganti kunci kontak ataupun memvonis kunci kontak bermasalah,” tegas Budi.

Cara mengatasinya mudah. Untuk membongkarnya, siapkan kunci T10, kunci L4, Kunci L5 dan obeng plus. Yuk, kita buka! Pertama, yang harus dilakukan membuka cover-cover bodinya pakai kunci L4. Setelah semua cover terlepas, maka akan terlihat rumah kunci kontaknya.

Bersihkan kotoran dengan bensin lalu lumasi

Melepaskan panel kunci kontak dari dudukannya, kudu copot kabel pembuka jok belakang dan soket kabel.

Jika sudah terlepas, lalu buka kuncian plastic di panel. Setelah itu, bodi kunci kontak bisa dilepaskan dari rangkaian kabel. Sisi dalam dari kunci kontak yang terlalu banyak terkena air hujan menyebabkan kotoran dan ini biang dari macetnya kunci kontak, silakan bersihkan area itu dengan menggunakan bensin atau penetran hingga bersih. “Kalau sudah dibersihkan , jangan lupa berikan pelumas,” wanti Budi yang asal Negara, Jembrana, Bali ini.

Jika sudah dilumasi, pasang lagi kebalikan dari membuka. “Tapi, sebelumnya, cek dahulu kunci kontak sudah bisa berputar normal belum” saran pria dari Jl. Diponegoro No. 57, Denpasar, Bali ini. Simple kan! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular