Modifikasi Kawasaki Ninja 150R Salatiga, Senjatanya Membran KX85

Motorplus - Minggu, 2 Maret 2014 | 14:56 WIB

Kawasaki Ninja 150 yang bermain di kelas Sport Standar 2-tak 150 cc ini mulai menunjukkan kemampuannya. Dengan mekanik Koko dari Harlan Jaya Motor, Salatiga, Jawa Tengah, pacuan ini mulai konsisten mencatatkan namanya di podium juara. Dengan pembalap yang masih pemula, menjadikan kemampuan motor ini belum bisa terlihat secara maksimal.

“Kita memang memilih pembalap pemula yang berasal dari Salatiga, dengan harapan bisa mengangkat nama daerah,” buka Koko.

Untuk ubahan yang coba dia terapkan pada motor ini, memang masih dalam tahap riset dan masih mencari setingan yang pas dengan karakter pembalap. Terutama untuk komponen transfer bahan bakar yang masuk menuju ruang kalter. Tapi, senjata andalannya ada di katup buluh alias membran. Agar pacuan lebih berperforma, Koko mengandalkan membran milik Kawasaki KX85 yang diyakini mampu membuka lebih lebar. Sehingga, debit bahan bakar bercampur udara yang masuk ruang bakar juga lebih banyak.

“Kita lakukan sedikit modifikasi pada katup buluh Kawasaki KX tersebut, untuk mendapatkan kenaikan tenaga pada putaran menengah-atas,” beber mekanik yang punya nama lengkap Tri Handoko.

Modifikasi yang dimaksud adalah ubahan pada stopper membran KX tersebut. Selanjutnya, Koko tambahkan satu membran lagi di atasnya yang diambilkan dari membran motor standar Ninja.

Efek yang didapatkan dari modifikasi katup buluh tersebut, tenaga motor terasa mengayun saat masuk dari putaran menengah ke putaran tinggi. “Jadi, motor terasa seperti diayun saat keluar dari rpm menengah ke putaran tinggi,” tegasnya.

Untuk putaran bawah, tidak lantas dilupakan. Dia coba mendongkrak performa pada putaran bawah dengan perlakuan pada pengaturan ulang model crankcase. Crankcase tetap menggunakan standar hanya dilakukan pengeleman pada bagian samping daun kruk as.

Beralih ke pengapian. Untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna dan besar, komponen pengapian diupgrade. Mengandalkan CDI Ninja versi Jepang dengan kode A01A merk Denso, part ini dipilih selaku otak dari sistem pengapian. CDI jenis ini memang mempunyai karakter yang berbeda dengan CDI standar.

CDI dengan kode tersebut menurut mekanik yang juga sering mengadu motor di luar Jawa ini, punya karakter yang lebih closed dalam setiap perpindahan giginya. “Sehingga dengan karakter yang seperti itu, akan memudahkan joki dalam mengendarainya,” cuapnya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Per Kopling: CMS

CDI: Denso

Koil: YZ 4SS

Busi: Iridium Power

Karburator: Standar reamer 30,5 mm

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular