Edy Sudarmadi Biker Asal Kalimantan, Bakal Naik Haji Tapi Naik Motor!

Motorplus - Kamis, 6 Maret 2014 | 17:11 WIB

Perintah untuk melakukan ibadah haji, merupakan Rukun Islam yang kelima. Selain ibadah haji di musim haji, ada juga ibadah haji yang bukan di musim haji yang kemudian disebut dengan haji umrah. Perintah untuk melakukannya pun beragam. Salah satunya bisa ditempuh dengan kendaraan. Selain berjalan kaki (di jaman dulu), naik kuda, naik unta, naik mobil, naik kapal laut, naik pesawat sudah dilakukan.

Tapi Edy Sudarmadi bakal melakukannya dengan cara berbeda pula, yaitu naik motor dari Malaysia ke Mekkah, Saudi Arabia. Tentunya ini adalah perjalanan yang bakal sangat berat, lantaran ia akan melalui banyak negara, sembari touring.

“Jadi, beberapa tahun lalu saya mendengar ada rombongan jamaah haji umrah yang melakukan haji dengan cara touring naik motor. Nah setelah dikulik, ternyata itu adanya di Malaysia. Nah, mendaftarlah saya di rombongan mereka. Dalam beberapa hari kedepan, kami akan mulai melakukan perjalanan ke Mekkah dari Malaysia,” ujar Edy Sudarmadi yang juga hadir bertepatan dengan ultah MOTOR Plus ke-15 hari ini.

Sayangnya informasi tentang keberangkatan Edy ke Mekkah dengan cara touring naik motor ini, terkesan mendadak. Lantaran motornya sudah dikirim lebih awal ke Malaysia.

“Saya membawa BMW GS1200 Adventure, setelah meminta saran dan rekomendasi dari rombongan Kembara Bumi Suci (agen travel adventure Malaysia – Mekkah) yang berbasis di Malaysia. Diperkirakan lama perjalanan akan berlangsung hingga 67 hari atau 2 bulan. Sebelumnya saya pakai motor yang lain, tapi biar banyak temannya saya ganti ke motor BMW. Rombongan akan berjumlah 12 orang, tapi hanya 8 orang yang murni naik motor,” papar Edy.

Perjalanan Edy nantinya, akan melalui 11 negara. Diantaranya adalah Thailand, China, Kyrgizstan, Uzbekistan, Kazakhstan, Russia, Georgia, Turkey, Jordan dan Saudi Arabia. Edy merupakan satu-satunya peserta asal Indonesia dan datang ke MOTOR Plus untuk meminta dukungan dan do’a.

“Beberapa hari yang lalu, saya juga sudah ketemu dengan ketua PP IMI yaitu Nanan Soekarna. Saya hanya meminta bantuan agar dimudahkan dalam urusan pengiriman keluar negeri motor saya dan prosesnya nanti. Semoga ini akan menjadi langkah awal agar kedepannya kita juga bisa bikin acara seperti ini,” pungkasnya.

Wah, hati-hati di jalan Bro! Do’a kami selalu bersamamu! (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular