Dorna Respon Protes Honda di Kasus Ducati, Solusinya Regulasi Factory Bike 2?

Motorplus - Sabtu, 8 Maret 2014 | 10:58 WIB

Protes yang dilontarkan tim Repsol Honda atas kepindahan tim Ducati dari kategori Factory Bike (FB) ke kategori Open Class (OC), memang benar. Lantaran kepindahan Ducati, justru membuat mereka mampu meraup keuntungan besar.

Tapi setelah ditinjau lebih jauh, banyak hal yang dilanggar oleh Ducati, sebagai tim yang berlaga di kategori OC. Tentunya hal ini menguntungkan tim asal Italia itu lebih besar. Solusinya, Dorna Sports selaku promotor MotoGP, mengeluarkan usulan regulasi baru. Yaitu kategori FB 2. Kategori ini akan menjadi penengah antara kategori FB dan OC.

Adapun perubahan regulasi yang diusulkan oleh Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports, yaitu pengurangan jumlah bahan bakar dari 24 liter jatah OC, jadi 22,5 liter di FB 2. Sementara jumlah pasokan mesin yang diperbolehkan juga akan dikurangi dari 12 mesin per musim di kategori OC, jadi 9 mesin per musim di FB 2.

Tapi regulasi ini hanya akan diberlakukan bagi tim manufaktur yang tidak mampu tampil kompetitif. Sementara jika ia mampu tampil di konsisten di 3 besar, maka regulasi ini juga akan diberlakukan untuk tim utama pabrikan tersebut.

Tentang apakah regulasi ini bakal berlaku juga bagi Aleix Espargaro, sepertinya tidak. Lantaran motor yang digunakan Espargaro sudah sesuai dengan regulasi OC. Dan juga motornya sudah melalui proses scrutineering. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular