Modifikasi Yamaha Scorpio Z 2006 Aceh, Ogah Pakai Komponen Modif Fiberglass

Motorplus - Selasa, 11 Maret 2014 | 06:47 WIB

Tren yang sedang digencarkan di komunitas Gear of Fighter (GoF) Aceh, yaitu modif street fighter (SF). Tapi, anti adopsi fiberglass. Karena anti bahan serat kaca kustom, Yamaha Scorpio Z kepunyaan Muhtadin disulap bernuansa SF lewat sentuhan part bodi plastik gabungan dari motor lain sejenis.

“Kita coba meminimalisir penggunaan bodi kustom bahan fiberglass. Kejar tampilan street fighter, caranya pilih bagian bodi motor lain. Misal, Yamaha V-ixion dan Byson untuk dikanibal. Yang penting, Aceh punya gaya,” pede Tadin, modifikator dari Bali-G di Cunda, Lhokseumawe, Aceh.

Mula-mula jubah baju Scorpio Z ditanggalkan semua. Tangki slim khas Scorpio Z 2006 digantikan dengan New Scorpio Z lansiran 2011. Tangki New Scorpio Z ini punya bentuk yang lebih semok dan macho dengan shroudnya.

“Saat pasang enggak mesti banyak ubahan. Malah bisa dibilang cukup bolt on. Memaksimalkan shroud New Scorpio Z kiri-kanan, dipercantik lewat kuping tangki kepunyaan V-ixion. Supaya terlihat lebar dan menutupi setengah engine,” tunjuk member BMPC (Bikers Mania Petro Dollar Community) Aceh.

Menutupi tempat penyimpan aki, Tadin comot kepunyaan V-ixion. Aksi sasis buatan juga ditempuh, untuk perbuas buritan. Frame tubular diameter 1 inci nemplok di sisi kiri-kanan. Agar terpasang mantap, dibikinkan dudukan baru di bagian depan dan belakang. Diikat pakai baut 10 mm yang tertanam ke sasis asli.

Pelindung cipratan air belakang, sanding kepunyaan Byson. Di areal ini, makin sangar kala disandingkan penggunaan double muffler hasil racikan Bali-G. “Kita bikin pipa knalpot bercabang 2, sehingga double muffler semua bunyi,” jelasnya.

Supaya buritan terdongkrak nungging, swing arm adopsi merk Kumis model trail yang disokong sok standar.

Beralih ke bagian depan. Sok peredam kejut sudah gunakan Byson, sepaket dengan lampu depannya. “Tapi, reflektor enggak dipakai. Cukup pakai lampu Luxeon. Alhasil, lampu layaknya capitan kalajengking kan?” seru Tadin.

Lalu, sepatbor depan, manfaatkan barang bekas yang dikustom ulang pakai bahan plastik agar terlihat punya lekukan. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Pelek: RGV

Knalpot: Nobi 3 Bold

Karburator: TDR 28

Setang: Pro Biker

Bali-G: 0857-6027-2271

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular