Modifikasi Honda Mega Pro 2012 Jakarta, Jadi Motor Ala Gabonslap

Motorplus - Minggu, 16 Maret 2014 | 07:52 WIB

Menurut Ateng, panggilan karib Akbar, Gabonslap itu nama yang diberikan pemiliknya pada motor dengan modifikasi sejenis di blog milik builder luar negeri, yang menjadi inspirasi modif ini. "Akhirnya modifikasinya kita sebut Gabonslap. Tapi, aslinya pakai mesin Yamaha," aku pemilik bengkel Thekatros Garage di Jl. R.E Martadinata No. 219 E, Ciputat, Tangerang Selatan ini.

Dilihat sekilas, modelnya mirip Honda Monkey. Tetapi, dengan bodi yang lebih tinggi. Pemiliknya yang juga pengusaha elektronik ini tidak ngoyo naik motor. "Hanya sekadar buat jalan-jalan santai malam minggu. Daripada naik mobil kena macet panjang, naik motor rasanya lebih nyaman dan santai," alasan Andy yang tinggal di Bintaro, Jakarta Selatan.

Soal ubahan, Ateng mengawali dengan custom rangka standar motor yang basisnya Honda Mega Pro ini. Terutama di bagian belakang, sedikit disesuaikan. Lalu, sok belakang yang standarnya monosok, dibuat dobel sokbreker. Enggak terlalu ribet buat Ateng, cukup menambahkan dudukan sokbreker. Lalu, dikawinkan ke sokbreker Thailand merek DBS.

Untuk mendapatkan kesan di bagian depan, sokbreker standar dipensiunkan dan diganti dengan sokbreker milik Byson dari pabrikan Garputala. 

Ubahan mesin tidak terlalu dominan. Hanya terlihat ubahan cat di bagian cover mesin yang sedikit mencolok. "Biar terlihat elegan, cover mesin dicat warna hitam wrinkle. Atau, orang biasa menyebutnya kulit jeruk. Selain mendukung keinginan pemilik dengan warna dominan hitam, cat model ini juga terlihat elegan," bisiknya.

Tangki, sepatbor, serta bodi samping dicustomized pakai bahan plat galvanis. Hanya mengandalkan striping gold, makin menambahkan kesan minimalis elegan.

Bahan stainless steel terpaksa sedikit ditambahkan pelindung di bagian leher knalpotnya. Karena, dikhawatirkan nyenggol  kaki. Supaya pengendara tidak was-was, bagian leher ditutup dengan pelindung antipanas.

Jok model klasik dibungkus bahan semi kulit dengan jahitan melintang, cukup membantu Andy dan pasangannya menikmati suasana malam minggunya.

Apalagi ditambah variasi tas samping berbahan kulit. Bentuknya disesuaikan dengan tema keseluruhan motornya. Makin terasa klasiknya.

Sekarang, malam minggu enggak khawatir lagi harus perang melawan macetnya jalan raya. Tetap bisa santai dengan Gabonslap, dibumbui rintik hujan  malam minggu.

Hmmm, so sweet. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban: Swallow 120/80-18

Setang: Custom

Sok depan: Yamaha Byson

Pelek depan : Aluminium

Thekatros Garage: 0838-97-888-333

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular