Standar Tengah Yamaha New V-ixion Lightning Bikin Berisik? Ganjal Pakai Kampas Rem

Motorplus - Selasa, 18 Maret 2014 | 08:25 WIB

Ikat di baut 14 mm yang mengikat link ke swing arm

Standar tengah Yamaha New V-ixion Lightning (NVL), saat dinaikkan menyentuh dan bikin berisik saat riding. Tentu, bukan hanya berisik. Tapi, pastinya merusak komponen rantai dan standar tengahnya sendiri. Namun, kondisi ini terjadi setelah knalpot standar diganti knalpot aftermarket. Pasalnya, penyangga standar tengah ikut terlepas kala knalpot standar ditanggalkan. Sehingga standar tengah enggak ada penyangga dan mentok di rantai.

Lalu, ada cara supaya standar tengah enggak menyentuh rantai kala dinaikkan? “Caranya mudah, sob. Kita bikinkan penyangga supaya terjadi gap antara standar tengah dengan rantai. Penyangganya, cukup pakai kampas rem cakram depan bekas,” solusi Fendi, dari Race Motor.

Kampas rem cakram depan ini, bisa adopsi kepunyaan Yamaha Jupiter Z. Langkah ini, tergolong aman. Karena tak ada part original dari NVL yang diubah.

Saat standar tengah naik ada penyangganya dan jauh dari rantai

“Di kampas rem cakram Jupiter Z punya dua lubang sebagai dudukan di kaliper. Perbesar salah satu lubang dudukan kampas rem. Bisa menggunakan mata bor atau dengan kikir bulat, bikin lubang tadi seukuran baut 14 mm,” jelas Fendi.

Lanjut, buka mur bagian atas di link yang mengikat ke swing arm New V-ixion Lightning. Letakan kampas rem cakram yang lubangnya sudah diperbesar menghadap ke depan. Lalu, kembali kencangkan mur 14 mm.

Setelah selesai, coba sobat naikan standar tengah NVL yang sudah ganti knalpot tadi. Pastinya standar tengah enggak lagi nyangkut di rantai. Suara berisik saling beradu hilang dan tentunya enggak bikin keduanya cepat rusak. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular