Modifikasi Yamaha Scorpio 2005 Banjarnegara, Pakai Bodi MV Agusta Jadi Lebih Gambot

Motorplus - Selasa, 18 Maret 2014 | 07:51 WIB

Soal ubahan kreasi dalam modifikasi, Sukisno asal Kota Dawet Ayu, Banjarnegara, Jawa Tengah memiliki selera oke dalam memilih bentuk. Contohnya pada kuda besinya yang dipermak bergaya MV Agusta. Racikan bodi bergaya sport fairing ini memang memiliki konsekuensi, seperti ubahan sasis dan pemasangan yang presisi agar secara aksen visual tampak baik.

Sukisno tentu saja tidak sendiri dalam mengubah semplakan yang dipakai daily use ini. Pria yang kerja dibidang konstruksi itu dibantu Mahmud dari rumah modifikasi MX Custom (MXC) Banjarnegara. Contohnya pada aplikasi bentuk fairing yang dibeli pada Baru Motor Sport (BMS) Jakarta. Makanya ubahan modifikasi fokus pada pemasangan dan finishing kelir yang menonjolkan kesan gagah.

Aplikasi rancangan bodi MV Agusta yang beli jadi ini, tidak asal pasang. “Sebab ada beberapa bagian bodi yang harus diubah. Seperti desain tangki yang custom bagian bawahnya agar pas dengan sasis Scorpio yang lebar di bagian bawah jok,” cuap Mahmud yang buka gerai modifikasi di Jl. Raya Alianz No. 12, Karang Kobar, Banjarnegara ini.

Bagian bawah tangki yang diubah tadi, disebabkan desain bodinya dibuat tanpa deltabox maupun sasis teralis. Jadi, secara konsep memang lebih simpel. Makanya, Mahmud menambahkan fiberglass pada fairing samping agar bodi lebih rapat. Caranya dengan ‘mengedit’ bagian atas fairing samping sekaligus membuat lubang udara agar terlihat lebih menarik dan tampak padat.

Yang lebih menarik ada pada bentuk bodi belakang yang memang MV Agusta banget. Bentuk yang gambot dan berlekuk khas desain bentuk Eropa. “Sub frame belakang saya pangkas 15 cm. Sebab bodi belakang tidak mendongak, namun memiliki bentuk rata sejajar dengan postur tangki. Bentuk bodi belakang ini membuat tampilan lebih apik, apalagi lampu stop variasi juga dibuat sederhana dengan dudukan plat nomor yang simpel juga,” papar modifikator kalem itu.

Racikan ini membuat tampilan terlihat proporsional, apalagi Mahmud pandai meracik kelir sederhana namun terlihat mewah dengan racikan kelir dan polired dari Cardiak. Termasuk penyesuaian komponen kaki-kaki yang tidak begitu besar agar pas dengan bentuk bodi. Contohnya sepasang pelek variasi yang dikombinasikan upside down Thailand dan CBR 400.

Mantap! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Brigestone 120/60-17

Ban belakang: Brigestone 160/60-17

Pelek: CBR 400

Swing arm: CBR 400

MXC: 0852-2716-2167

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular