Strategi Balap di Road Race Nasional Tetap Penting, Jangan Utamakan Ego

Motorplus - Sabtu, 22 Maret 2014 | 16:35 WIB

Rere dan Willy sempat out keluar trek

Di medan perang, sebuah pasukan butuh strategi jitu untuk bisa memukul mundur musuh. Tanpa strategi yang mantap, meski punya senjata canggih pun bisa saja dibantai musuh.

Begitu pula di arena balap. Membuka musim kompetisi 2014, Honda boleh tersenyum. Seri I MotoPrix (MP) region 2 di sirkuit gokart Sentul (9/3), Jawa Barat, pembalap sayap tunggal sukses mendominasi kelas bergengsi MP1 (Bebek Tune up 125 cc Seeded).

Namun, jika melihat jalannya balapan sampai para racer menginjak garis finish, Honda bisa dibilang kudu was-was. Bukan soal performa pacuannya, melainkan menyangkut strategi balap.

Pasalnya, aksi pertarungan pembalap Astra Motor Racing Team (ART), Jogja, Willy Hammer dengan pembesut Honda lainnya, Reynaldy Pradana dari Kawahara Racing KYT, nyaris berbuah petaka.

Paling menegangkan menjelang lap-lap terakhir. Willy dan Rere (sapaan akrab Reynaldy) yang saling menguntit satu sama lain hampir saja out.

Bahkan, pacuan keduanya sempat keluar dari lintasan melewati hamparan rumput di sisi trek. Untung saja keduanya cepat sigap menghandle setang untuk menstabilkan laju Honda New Blade dan kembali ke lintasan. Rere berhasil ambil alih posisi pertama diikuti Willy.

Padahal saat itu keduanya sudah jauh meninggalkan pasukan Yamaha. “Honda nyaris gagal podium lagi. Seharusnya kalau sudah jauh di depan seperti itu, main aman aja. Gue gak habis pikir tuh srateginya kayak gimana,” heran Gatot Subagio, salah satu penyelenggara (event organizer) balap.

Memang kalau dipikir-pikir, tujuan pabrikan turun di balap, kan tak lepas dari strategi promosi. Jika produknya berjaya di arena balap, sedikit tidaknya bakal menguatkan image dari brand motor tersebut, sehingga konsumen lebih yakin. 

Di arena balap Formula 1 (F1), strategi bermain aman saat sudah menguasai jalannya lomba atau saling mendukung antar pembalap yang sama-sama membela suatu merek, hingga saat ini masih diterapkan. Beberapa tahun lalu pun di ajang road race nasional trik ini dijalan-kan. Hasilnya sukses mengangkat image brand yang bersangkutan.

Meski tahun ini Rere bukanlah dari tim pabrikan, tapi ia balapan dengan motor Honda. “Susah juga. Di MotoGP saja Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan lain-lain kalau sudah di atas motor mereka masing-masing. Siapa yang tercepat, dia yang menang. Begitu juga di tim road race kita,” tukas Anggono Iriawan,  Manager Safety Riding dan Motorsports Department PT Astra Honda Motor (AHM).

Tapi, strategi atas nama pabrikan tetap harus dijalankan. Ingat kecaman pedas terhadap Dani Pedrosa saat ‘menyundul’ Nicky Hayden musim 2006. Keduanya rekan setim. Poin Hayden jadi enggak aman karena terjatuh. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular