Modifikasi Yamaha RX-King 1994 & Yamaha RX-King 1995 Jakarta, Inggris VS Amerika

Motorplus - Jumat, 21 Maret 2014 | 07:16 WIB

Biar dikata Yamaha RX-King punya julukan ‘motor rampok’, tapi jangan anggap remeh soal penggemarnya yang terbilang banyak. Selain dari performanya yang masih dianggap oke, pacuan ini juga punya tampilan khas dan pamor tersendiri.

Dede Nirwanto bisa dibilang salah satu yang fanatik. Gimana enggak, selain tergabung dalam komunitas King Club Tangerang Selatan atau disingkat KCTS, pria berbadan besar ini juga memiliki enam unit motor lansiran Yamaha tersebut.

“Koleksi memang. Di rumah saya ada enam. Tiga diantaranya, termasuk dua motor ini, sudah dimodif,” buka Dede.

Kecintaannya terhadap si Jambret sudah dimulai sejak kecil, sob. “RX-King itu motor yang enggak pernah ngambek saat dibawa kemanapun,” terangnya lagi.

Nah, dari keenam motor, ada dua nih yang cukup menarik perhatian. Pasalnya, keduanya dimodif dengan konsep yang hampir sama. Yaitu, dicat dengan konsep bendera Inggris dan Amerika.

Hmmm... Kenapa yang dipilih bukan bendera Indonesia ya? Ternyata, ini bukan masalah nasionalisme, sob. Tapi, menurutnya, kedua bendera itu punya kombinasi warna yang bagus. Jadi kalau ‘dilabur’ di motor, katanya jadi lebih menarik.

Motor yang ‘dieksekusi’ di rumah modifikasi Protechnics itu, punya spek yang hampir sama. Banyak dari partsnya yang dibikin kinclong alias dikrom.

Selain itu, raiser setang RX-King lansiran tahun 1994 yang berkelir bendera Amerika, agak ditinggikan. Katanya sih biar ngikutin model modif jaman sekarang. “Bagian mesin, headnya copotan dari Yamaha YZ dibantu membran KTM 125,” terang Ari dari Protechnics di Jl. Pahlawan No. 80C, Rempoa, Ciputat, Tangerang.

Tak jauh beda, RX-King 1994 berkelir bendera Inggris ini juga memperkuat ubahan kaki-kakinya. “Sok depan diganti dengan penyesuaian as segitiga. Kemudian segitiga dilebarkan, lalu dibuatkan dudukan cakram di sisi kanan,” jelas Ari.

Saluran gas buangnya juga cukup unik sob. Dengan silencer custom berbentuk melengkung, dan knalpotnya ngambil dari label AA Racing. Macam knalpot udang!

Mengimbangi knalpot ini, keduanya sama-sama mengganti karburator serta memasang head silinder berbentuk belimbing. “Jadi tak cuma tampilan, ngejar performa juga,” tegas Dede. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

RX-King (Bendera Amerika)

Ban depan: IRC 90/100-18

Ban belakang : IRC 100/100-18

Karburator : Keihin PWK 28

RX-King (Bendera Inggris)

Ban depan: IRC 90/100-18

Ban belakang : IRC 100/100-18

Setang : Rhental

Protechincs: 0813-8302-774

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular