Bajaj Pulsar 220 DTS-i, Klasik Turing Style Tunggangan Seorang Masinis

Motorplus - Senin, 24 Maret 2014 | 06:31 WIB

Andri Priyanto asal Kota Mendoan alias Purwokerto punya hobi turing. Pria yang yang berprofesi sebagai masinis ini, juga salah satu maniak tampilan bergaya sport klasik seperti macam pacuan khas tahun 80’-an. Contohnya, seperti bentuk kuda besi bergaya sport turing dengan ciri setang tinggi namun memiliki bodi sport fairing.

Secara basic motor cocok dengan Bajaj Pulsar yang dari pabriknya sudah dirancang dengan model half fairing. Makanya, ubahan tak begitu sulit. Apalagi Andri di bantu Sekhun dari rumah modifikasi Perdana Motor (PM) Purwokerto. Racikan asli Bajaj Pulsar dipermak ulang dengan tambahan material fiberglass.

Seperti pada bentuk fairing barunya. Untuk bagian windshield depan termasuk lampu, masih mempertahankan komponen bawaan motor. “Namun saya tambah bodi fairing baru pada bagian mesin agar terlihat rapat seperti model khas sport klasik,” buka modifikator yang punya workshop di Jl. Beji No. 7, Kedung Banteng, Purwokerto, Jawa Tengah ini.

Asyiknya, Sekhun pandai mengawinkan model tameng angin dan kepala Bajaj Pulsar asli dengan model fairing barunya. Terlihat pada bentuk landai yang dipilih dengan aksen lubang udara pada samping fairing. Modelnya sederhana namun pas dengan konsep. Dan juga, Sekhun cermat memperhitungkan dimensi proporsional.

Selain fairing baru dibuat rapat pada nat sambungannya, modifikator berkarakter kalem ini juga membuat bibir baru pada bagian bawah headlamp. Sehingga, hasilnya terlihat makin padat.

Agar makin rapi, Sekhun membuat sein baru yang nempel langsung pada bagian tengah fairing. Menggunakan mika sein fariasi, doi meracik sein agar nempel rapi dan terlihat selaras dengan tampilan fairingnya. Termasuk, sepatbor depan yang dipermak ulang menggunakan serat gelas dengan postur sedikit besar. Itu, agar terlihat kokoh.

Untuk tampilan bodi belakang Sekhun mempertahankan komponen bodi asli. Hanya ditambah box khas turing yang nemplok pada bagian kanan dan kiri bodi yang dibuat sendiri. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Zeneos 110/70-17

Ban belakang: Zeneos 150/70-17

Pelek set: Honda Super Four 400

Boks: PM Product

PM: 0815-4282-4142

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular