Minerva VX 150 2012 Bekasi, Awalnya Mirip Honda CBR 125R Eropa dan Kini Jadi Ducati 848

Motorplus - Sabtu, 29 Maret 2014 | 08:14 WIB

Sosok Minerva VX 150 yang bodinya mirip Honda CBR 125R Eropa, berubah total. Kali ini, menganut konsep Italian Bikes khas Ducati. Evolusi besutan Andi Hari ini, setelah VX 150 adopsi baju berbahan fiberglass yang meniru Ducati 848 diaplikasi. “Awalnya mau mengusung baju Suzuki GSX600 dikombinasi Honda CBR 600. Karena memang di bengkel ada yang tinggal bolt on. Tapi, Andi Hari ingin yang beda,” papar Deddy Dermawanto, modifikator dari workshop DJ Custom.

Hasil nego antara Deddy dan Andi, terpilihlah konsep bodi Ducati 848. “Tapi, bodi Ducati 848 model bolt on, belum pernah saya bikin untuk VX 150. Akibatnya, memakan banyak waktu. Karena pengerjaan bodi memang dari nol,” papar pria yang menghabiskan waktu sekitar 3 bulan buat pengerjaan bodi ini. Membentuk konsep mirip Ducati 848 di VX 150, Deddy pakai mal-malan bodi Minerva Migelli 250.

Bodi Minerva Migelli 250, dipasangkan di VX 150. Lalu, dibentuk ulang sebagai cetakan awal Ducati 848. Cetakan ini mulai dari fairing depan, tangki dan bodi belakang. Setelah bentuk cetakan Ducati 848 didapat, barulah dicetak bahan mentah dari serat kaca. Dimensinya disesuaikan dengan dudukan baut dan bentuk rangka. “Rangka sama sekali enggak ada yang diubah. Memang konsepnya dibikin bolt on kan,” papar Deddy.

Tapi, sedikit mengakali budget dilakukan kala menentukan bentuk headlamp. Bagian lampu, Deddy putar otak agar tetap mirip Ducati 848. Alhasil, lampu projector kustom pun jadi pilihan. “Soalnya kalau adopsi lampu original 848, bisa seharga bikin bodinya. Makanya, solusinya pakai projector kustom,” candanya.

Kini, tampilan Ducati 848 sudah Andi peroleh. Untuk perkuat konsep Italian Motorcycle, seluruh bodi dilebur mengikuti motif Ducati Panigale SBK tim FIAM. Kombinasi warna cerah merah dan putih  didapat lewat aplikasi cat Colour King dan dilapisi clear Dupont.

Bodi sudah gahar khas besutan SBK, kaki-kaki turut direvisi. Mulai dari swing arm original ditanggalkan. Penopang roda belakang ini dibikin ulang pakai plat besi tebal 1,5 mm. Tapi, buat haluan depan tak perlu diubah. Sebab, sok standarnya sudah mengusung model upside down.

Finishing touch, pelek lebar diadopsi sebagai penambah karakter besutan superbike. Enggak dong 3 bulan? (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Kaliper depan: Aprillia

Pelek: V-Rosi

Ban depan: Zeneos ZN62 120/70-17

Ban belakang: Zeneos ZN62 150/60-176

DJM: 0896-1150-5000

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular