Rem Parkir Honda Vario Techno 125 PGM-FI Bermasalah, Coba Ditarik Pegasnya!

Motorplus - Rabu, 9 April 2014 | 15:35 WIB

Cukup gunakan obeng plus untuk membuka mekanis rem parkir

Adli Rahman penunggang Honda Vario Techno 125 PGM FI  punya kendala di sistem pengereman. Bukan masalah performa rem yang kurang menggigit. Namun, fitur rem parkir di Vario tunggangannya ada yang tidak beres dan kerap membuat susah.

“Masalahnya baru muncul belum lama ini. Gejalanya, tuas rem parkir tidak balik saat rem belakang ditekan. Jadi, rem parkirnya terus bekerja dan harus dikembalikan dengan cara manual. Bikin repot kalau digunakan di jalan yang macet,” ucap Adli yang semenjak tahun 2012 nunggang Vario 125.

Kunci rem parkir di Vario Techno 125 berupa tuas kecil yang terletak di dekat tuas rem belakang. Untuk menggunakannya, sobat harus menekan tuas rem belakang baru kemudian menarik tuas kecil. Untuk menonaktifkannya, cukup tarik tuas rem belakang dan rem parkir akan secara otomatis kembali tidak bekerja.

Nah, di motor Adli otomatisnya itu yang tidak bekerja. Jadi, untuk menonaktifkan rem parkir Adli harus menarik tuas rem belakang sambil menekan tuas kecil.

Mengatasi masalah tersebut, harus bongkar mekanis rem parkir. Cukup siapkan obeng sebagai senjata. Pertama, buka cover setang dengan melepas empat baut yang mengikat menggunakan obeng plus. Setelah cover setang terbuka, akan terlihat kotak mekanis rem parkirnya.

Lanjut dengan membuka penutup kotak mekanis rem parkir. Cukup buka tiga baut pengikat menggunakan obeng. Jika ketiga baut sudah lepas, tarik penutup kotak dan mekanis rem parkir akan terlihat.

Bentuk pegas hingga seperti ini

“Setelah mekanis terlihat, ternyata pegas yang membalikkan tuas ke posisi semula patah di bagian ujungnya. Jadi, pegas tidak mengikat dan tidak bisa mengangkat tuas sebagaimana mestinya. Ini yang jadi biang keladi,” tambah Adli yang sehari-hari riding Depok-Tebet-Depok.

Caranya, sobat tinggal tarik bagian per yang melingkar hingga lurus. Panjangnya kira-kira 2 cm sampai batang per bisa kembali nempel di mekanis tuas. Jangan lupa, bagian ujung per dibengkokan sedikit agar bisa menapak sempurna di batang tuas. Kalau sobat bingung bisa lihat bentuknya di foto.

Kalau reparasi pegas sudah selesai, pasang kembali mekanis per parkir seperti semula. Di jamin, pegas otomatis rem parkir langsung berfungsi saat tuas rem belakang di tarik. Simpel dan tanpa biaya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular