Redding Keluhkan Tenaga Tak Maksimal, Benarkah Akibat Tangki BBM Hanya 22,2 Liter?

Motorplus - Kamis, 3 April 2014 | 19:47 WIB

Scott Redding dan Nicky Hayden mengaku motornya tidak maksimal dalam hal performa. Terutama ketika berakselerasi di jalur lurus nan panjang. Ia pun menegaskan, bahwa seandainya tangki bbm di motornya lebih besar, mereka bisa memaksimalkan tenaga motor. Artinya lebih banyak bahan bakar yang bisa dibakar maka semakin besar tenaga yang bisa dihasilkan.

“Kami bisa menggunakan bahan bakar yang lebih banyak yang menghasilkan tenaga lebih besar. Seandainya Honda memang memasok tangki bahan bakar yang bisa menampung 24 liter. Maka mungkin hasilnya bisa lebih baik. Kami tidak memaksimalkan tenaga seperti ketika sesi kualifikasi, karena harus memperhatikan konsumsi BBM,” ujar Redding.

Keluhan yang sama juga dipaparkan oleh Nicky Hayden yang merupakan pengguna motor Honda RCV1000R. Pembalap asal Amerika itu menganggap bahwa sudah saatnya Honda memanfaatkan peluang penggunaan bahan bakar sejumlah 24 liter. Tentunya agar bisa memaksimalkan tenaga motor saat balapan berlangsung.

Tapi tidak serta-merta alasan Redding dan Hayden bisa dibenarkan. Mengingat pihak Honda justru mengeluhkan ECU yang dipasok Magnetti Marelli. Mereka menganggap bahwa kendati mereka memasok bahan bakar sejumlah 24 liter dan melakukan setup mesin yang lebih agresif, itu tidak akan berdampak. Lantaran sistem ECU tidak bisa mengontrol tenaga besar yang dihasilkan mesin.

“Kami merasa kesulitan dalam melakukan setup pada S. Terutama penyesuaian tenaga mesin dengan kontrol ECU baru dari Magnetti Marelli,” ujar Livio Suppo, prinsipal tim Repsol Honda yang juga mengawasi langsung pengembangan Honda RCV1000R.

Artinya, jika pun jumlah penampungan BBM di motor RCV1000R digenapkan hingga 24 liter, tetap takkan memberikan efek besar. Malah justru membahayakan pembalap, karena bisa membuat ban belakang kelebihan power dan kehilangan traksi saat buka gas. Itu adalah efek karena kontrol ECU tak bisa mengontrol tenaga dari mesin.

Okay, selanjutnya, Motorplus Online akan melanjutkan pembahasan tentang komparasi data speed di trek lurus, tikungan, ganti arah dan lainnya antara pembalap di kategori factory bike dengan pencapaian Redding serta Hayden. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular