Direndam 24 Jam di Sungai Batanghari, Ini Dia Hasil Tes Komplitnya

Motorplus - Sabtu, 19 April 2014 | 20:25 WIB

Mio GT sedang berendam dan jadi pusat perhatian ojeg getek

Membuktikan ketangguhan motor injeksi Yamaha Mio GT, tim MOTOR Plus ditantang Yamaha Jambi merendamnya di Sungai Batanghari, Provinsi Jambi. Sebelumnya, tim pernah merendam Yamaha Mio GT di kolam ikan di daerah Pasar Bengkok, Tangerang. Hasilnya, motor masih bisa hidup normal.

Sekarang coba di sungai Batanghari, yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) terbesar kedua di Indonesia. Panjangnya sekitar 800 kilometer. Air yang mengalir berwarna coklat keruh, penuh lumpur. Di alirannya, ada sampah serta ranting pohon yang terbawa arus deras.

“Teknologi injeksi Yamaha tahan air, pasti akan bisa hidup normal kembali setelah direndam selama 24 jam,” papar Frengky Rusli, Chief Yamaha DDS Jambi.

Membuktikan omongan Frengky, Mio GT dimasukkan ke sungai, Sabtu (11/4) pukul 16.30 WIB. Niatnya direndam 24 jam. Menjaga agar tidak terbawa arus sungai, Mio GT diletakkan di atas pelat bordes yang disandarkan di tangga untuk kapal kecil berlabuh. Lalu diikat tali.

Prosesi ini, dibantu sekitar 5 orang penduduk setempat. Direndam, hingga setengah lampu depan dan hanya terlihat cover lampu atasnya. Supaya tidak tertabrak perahu, diberi tanda police line.

Motor kembali normal membuktikan kehandalan Mio GT

Setelah lebih dari 24 jam, tepatnya hari Minggu (13/4) pukul 17.30 WIB, Mio GT diangkat. Kala itu, air sungai surut hingga leher komstir. Lampu sein dan lampu rem dipenuhi air. Apalagi, setiap sela terdapat lumpur terutama di bawah jok serta box CVT.

Saat buka oli mesin dan CVT, air tidak masuk ke dalam karter. Namun, air masuk ke tangki bensin. Supaya aman, wajib dibersihkan. Serta, untuk CVT dan kelistrikan dibersihkan pakai angin bertekanan.

Saat buka throttle body, air bersarang di inlet. Namun, enggak masuk ke ruang bakar. Air dibuang pakai angin kompresor. Busi dibuka, nampak kering tanpa air masuk ruang bakar. Namun knalpot jadi tempat bersarangnya air. Setelah dibuka, digantung lalu disemprot angin kompresor.

Prosesi ini, cukup menyita perhatian warga dan komunitas yang sedang santai di Ancol (sebutan tempat nongkrong di pinggir sungai Batanghari).

Disaksikan warga, setelah dirakit kembali, kunci kontak diputar ke arah ON. Greng..greng.. Mio GT kembali hidup normal. MOTOR Plus menunjuk Aliakbar tes ride setelah direndam di air sungai. “Saat riding normal. Luar biasa nih Mio GT,” bilang pria berkepala botak ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular