Honda BeAT 2011 Subang, Teknik Apik Biar Cepat Keluar Dari Tikungan Tajam

Motorplus - Sabtu, 3 Mei 2014 | 09:40 WIB

Sirkuit Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, tergolong banyak tikungan tajam. Tuner wajib putar otak berkali-kali buat mengatasi tipikal trek seperti ini.

Menurut Mansuri, mekanik Empush Racing, kecepatan bukaan setelah melibas tikungan jadi kunci buat atasi trek seperti itu. Sebaiknya motor cepat teriak ke putaran atas, supaya setelah nikung bisa keluar lebih cepat lagi," terang Suri, panggilan mekanik asal Meruya, Jakarta  Barat ini.

Hal inilah yang diterapkan Suri ke pacuan Honda BeAT milik tim CLD Apry Megaprima FDR PSM Empush KYT asal Subang, Jawa Barat. Untuk itu rasio kompresi mesin harus ditinggikan. Agar cepat keluar dari tikungan. Untuk BeAT ini, Suri mematoknya di angka 12,8 : 1.

Terjun di kelas 130 cc, piston CLD dengan diameter 55 mm yang dikawinkan dengan stroke standar yang 55 mm. Volume silinder pun, kini jadi 130,6 cc.

Tak hanya dari bore up saja yang digadang-gadang bisa bikin mesin cepat teriak. Bibir piston dibikin mendem tipis dari bibir blok.

Setelah itu, head silinder dijejali dengan klep Sonic 28/24 mm yang dipasangkan dengan per klep keluaran CLD. Agar rpm tinggi setelah tikungan tercapai, pengaturan durasi buka-tutup klep dimainkan juga. Buat klep in dan ex, durasi bermain di 266 derajat. Lalu, bukaan angkatan klep alias lift klep ditetapkan di angka 9 mm. Ini berlaku untuk kedua klep. Tujuannya, agar asupan dan buang sisa pembakaran ikut imbangi kebutuhan mesin yang sudah bore up.

Ditambah lagi, asupan pengabutan bahan bakar dan udara juga sudah aplikasi karburator Keihin PWK 28 mm. Karbu ini, diyakini mampu menyemprotkan secara deras bahan bakar Pertamax Plus. Terutama di putaran bawah.

Agar sisa pembakaran terbuang lancar, knalpot comot milik CLD. Hasilnya, pacuan yang dibeger Dani Alamsyah ini berhasil mengumpulkan poin tertinggi di event seri perdana Pertamina Enduro Nissin BRT Matic Race (PENBMR) 2014 di Serang beberapa waktu lalu. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : FDR 90/80-14

Ban belakang : FDR 90/80-14

Knalpot  : CLD Racing

Kampas kopling: CLD Racing

Empush Racing: 021-99959191

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular