Standar Samping Kawasaki KLX150 Perkuat Rangkanya, biar nggak mudah patah kalau pas dudukannya

Motorplus - Jumat, 2 Mei 2014 | 07:25 WIB

Posisi motor terlalu miring bikin bobotnya kelebihan

Biar tampilannya makin gahar, Kawasaki KLX150 banyak yang dicustom. Ada yang dimodifikasi aliran trail, juga ada yang didandanin ala Supermoto. Dan, pada perubahan tersebut, komponen paling dominan dan sering diganti ada di bagian kaki-kaki.

Sayangnya, perubahan pada kaki-kaki motor semi trail itu berdampak pada bagian lainnya. Terutama, bagian standar samping yang memang jadi andalan tunggangan itu. Lantaran, tidak didukung standar tengah macam motor biasanya.

“Yang biasa terjadi adalah batang standar samping sering bengkok. Sebab penggantian ring roda untuk penyesuaian ubahan, membuat posisi motor makin miring. Tambah parah lagi kalau pemilik motor sering gunakan kick starter pada saat standar masih terjuntai ke bawah,” ujar Lerry Rahmat Rizky, juragan Caos Custom Bike (CCB).

Saran modifikator di Pancoran Barat, Jakarta Selatan, biar motor tidak rubuh dan batang standar samping nggak bengkok, mending pipa aslinya disambung dangan cara disok pakai pipa di bagian dalamnya dan dilas ulang agar lebih kuat.

“Cuma yang mesti diperhatiin saat ubah batang standar samping asli, pastikan tidak sampai merusak roler rantai di bawah swing arm. Kebetulan, peranti tersebut pegangannya juga jadi satu sama rumah batang standar samping,” wantinya.

Selain batang standar samping rawan bengkok, rangka tempat dudukan pegangan standar samping juga pernah ada yang sampai sobek. Penyebabnya sama. Yaitu, terjadi setelah ganti ban lebar juga tinggi. Sehingga, membuat posisi motor miring abiez.

“Saking enggak kuat nahan bobot motor, rangka model deltabox yang jadi tempat duduknya batang standar samping malah rusak. Sebab, ketebalan plat rangka model tersebut lebih tipis. Maka-nya biar tidak terjadi seperti itu, mending dari sekarang dibikin lebih tebal dudukannya,” imbuh Nurfaizin dari dari Afnos SS MX Jl. KRT Radjiman, Jakarta Timur.

Tentunya, akan lebih baik jika pekerjaan ini dilakukan oleh tukang las yang ahli. Jadi, sobat cuma cukup memberikan konsep dan arahanya saja. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular