Dilakukan Metode Pengujian Sederhana Dengan Mengukur Suhu Mesin Pakai Thermo Gun

Motorplus - Senin, 12 Mei 2014 | 18:05 WIB

Ukur panas yang dihasilkan

Metode pengujiannya sederhana, yakni mengukur suhu mesin pakai thermo gun setelah motor dibawa jalan sejauh 15 km untuk masing-masing oli. Selanjutnya, performa mesin langsung diukur di atas mesin dynotest menggunakan DynoMite buatan Amerika.

Oh iya, untuk SGO Matik dengan SAE 10W/40 API Service SL Jaso MB kata Hariadi, 2W Sales – Service & Outboard Assistant to Section Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) adalah oli semi sintetik. “Bahan baku sudah sintetis, nggak pakai mineral maupun recycle oil,” tukasnya.

Hasilnya ketika pakai SGO Matik, setelah motor dipakai menempuh jarak 15 km, suhu mesin yang diukur pada sambungan antara crank case dengan blok silinder, tercatat di thermo gun sebesar 93,4º C. Sementara oli asal Perancis yang pakai base oil alam terukur 92,8º C. Maklum karena oli ini sedikit lebih kental dari SGO, yakni SAE 20W-40. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular