Honda GL Pro 1991 Cilacap, Tiru Gaya Scorpa SY175F Buat Terbang Kemana-mana

Motorplus - Rabu, 14 Mei 2014 | 19:17 WIB

Rahmat Hidayat, bos rumah modifikasi Barata Motor (BM), Cilacap kepincut desain Scorpa SY175F kala meracik konsep modifikasi besutan milik Mr X yang kebetulan enggak mau jadi selebritis (jadi nama pemilik memang disamarkan). Namun, racikan modifikasi tidak samar. Tapi, sangat jelas secara spek seperti Scorpa SY175F sangat indentik dengan kuda pacu khas Indonesia. Contohnya, dimensi mesin yang kecil dan menggunakan pendingin udara alias sangat tradisional.

Makanya, modifikator gaul disapa Yayat mudah merangkai Honda GL Pro lawas diubah jadi desain motor yang piawai melompati segala medan dan enteng bermanuver di segala kontur geografis tanah ini. Desain adventure di Indonesia memiliki trek yang beragam. Namun, trek pendek dengan turunan dan tanjakan curam nampak lebih familiar dibanding trek panjang. “Model trial membuat traksi dan manuver lebih ideal, mudah dikendalikan dan enggak capek,” papar modifikator dari Jl. Raya Tritih Wetan, Proliman, Jeruk Legi, Cilacap, Jawa Tengah.

Poin dari konsep trial adalah membuat sasis yang enteng. Tujuannya, agar mudah diajak melompat dan juga enteng dibopong jika tergelincir atau terjerembab. Makanya, Yayat fokus pada desain sasis yang enteng dan sesuai dengan model trial Scorpa. Sasis total diganti, komstir asli yang digunakan. Selebihnya, Yayat berkreasi pakai pelat besi 2 mm yang dibuat kotak serupa main frame Scorpa.

Down tube-nya dirangkai sederhana dan dibuat lebih pendek. Sebab, as komstir asli juga dibuat lebih rendah untuk menyesuaikan main frame. Namun down tube dirancang kuat menahan berat mesin. Jadi, otomatis dudukan mesin bagian depan dibuat ulang.

Sedangkan kaki depan, Yayat lebih memilih ajrutan depan comotan Suzuki TS yang terbukti kualitasnya di segala medan. Demikian juga dengan segitiga atas bawah. “Tapi, saya ubah bagian raiser setangnya. Buat lebih pendek dan saya buatkan dudukan raiser baru yang lebih lebar agar setang makin kuat,” cuap pria ramah ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: IRC 2,75X21

Ban belakang: IRC 4,00X18

Pelek depan: TK 1,85X21

Pelek belakang: Daytona 2,15X18

BM: 0815-4886-2229

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular