Honda All New CBR 250R, Bedah Komponen Yang Membuatnya Lebih Bertenaga!

Motorplus - Jumat, 30 Mei 2014 | 11:40 WIB

Mesin serupa tapi tak sama

Power dan torsi All New Honda CBR 250R ini diklaim lebih tinggi dari generasi sebelumnya, yaitu tembus 29 PS (28,42 HP) di 9.000 rpm atau meningkat 1,35 PS (1,32 HP) dari varian sebelumnya sekitar 27,65 PS (27,1 HP). Padahal basis mesinnya masih sama. Wah, apa saja tuh ubahan yang dilakukan sehingga mampu meningkatnya performanya?

“Posisi pen pistonnya diubah, digeser beberapa mm ke samping, sehingga membuat gesekan piston ke liner lebih kecil. Lalu lapisan molybdenum di dinding piston dibuat jebakan oli (oil lock) berbentuk bulat. Oli itu untuk meminimalkan gesekan. Ditambah ada perubahan pada beberapa part lain untuk mendukung ketahanan mesin,” tutur Endro Sutarno selaku Training Analyst dari AHM.

Dinding piston dengan penambahan oil lock, mengurangi gesekan

Antara lain bearing balancer yang dahulunya pakai kode 6204, sekarang diganti dengan 6304. “Bearingnya lebih gede yang sekarang. Itu untuk menyesuaikan output power dan torsi yang makin besar,” ucap Endro. Selain itu, diameter dalam gear starting driven diubah dari sebelumnya 34 mm menjadi 36 mm, serta material kruk as yang dibuat lebih tebal dari versi sebelumnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular