Yamaha YZF-R25, Beberapa Teknologinya Adopsi Dari Tunggangan MotoGP

Motorplus - Rabu, 4 Juni 2014 | 19:22 WIB

Bentuk pulley throttel body yang agak lonjong, buat redam power mesin

Oh iya, desain crank casenya dirancang model upper lower layaknya moge. Jadi, kalau belah mesin ya ke atas dan bawah, bukan ke samping kayak mesin konvensional.

Lalu karena performa mesin R25 ini lumayan besar, buka-bukaan gas dibikin selembut mungkin agar motor nyaman dipakai harian. Sesuai slogan motor ini ‘A Superbike U Can Ride Everyday’. Trik yang dilakukan yakni dengan mendesain pulley pembuka katup di throttle body berbentuk agak lonjong. Dinamai progressive pulley.

Posisi karter dan lubang isap oli dirancang serendah mungkin

Bagaimana tuh kerjanya? “Dengan didesain seperti itu, rasio putaran puli jadi lebih lambat. Ini membuat katup tidak cepat terbuka. Nah, kalau ingin bukaan gasnya lebih responsi, sudah tau dong bagian mana yang bisa diakali,” tukas Abidin. Ya tinggal ganti pulley-nya itu, bro pakai yang konvensional! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular