Porting Lubang Isap Ninja RR Mono Di OMR Ninja 250, Langgar Aturan Nggak?

Motorplus - Jumat, 11 Juli 2014 | 20:06 WIB

Guretan manual terlihat di bagian atas lubang isap RR Mono

Ada masalah yang muncul di One Make Race (OMR) Ninja 250 seri II di sirkuit Sentul, Bogor, beberapa waktu lalu. Sempat terjadi debat dan saling bantah soal Kawasaki Ninja RR Mono yang digunakan pemenang. Pasalnya, lubang isap di head silinder RR Mono terdapat guretan seperti bekas kena pisau korek.

Padahal, di regulasi teknik yang ditetapkan panitia, lubang porting diwajibkan standar alias tidak boleh dikorek. Kenyataannya, lubang isap di tiga cylinder head berbeda. Kelihatan ada bekas gerusan saat discrut.

Mekanik bukan mau main curang, tapi mereka kompak bilang kalau head silinder standar RR Mono sudah ada bekas korekan. Terbukti, posisi korekan di lubang isap sama dan tidak terlalu halus seperti bikinan mekanik balap. Nah, ini bisa jadi pelajaran untuk pemilik RR Mono. Jangan kaget kalau buka head silinder melihat lubang porting ada bekas guretan.

“Di head silinder standar bawaan motor, sudah ada bekas korekan seperti ini. Head silinder baru yang kami beli langsung dari KMI (PT Kawasaki Motor Indonesia, red) juga sama, ada korekannya,” beber Angga Kurniawan, bos tim Anjany Racing. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular